Sedang memuat....Pengertian Android Nougat Beserta Kelebihan dan Kelemahannya....

Pengertian Android Nougat Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Pengertian Android Nougat Beserta Kelebihan dan Kelemahannya – Android Nougat merupakan sistem operasi penerus Android Marshamallow yang populer di era ini. Sebagai sistem operasi anyar, Android Nougat tentunya memiliki banyak kelebihan. Namun, kekurangan Android Nougat pun juga tersedia.

Jika berbicara terkait nama Android Nougat, hal ini sebenarnya bukanlah menjadi sesuatu yang mengejutkan. Mengingat Google senantiasa menghadirkan sistem operasi terbaru yang mengambil namanya dari nama makanan. Nama Android Nougat sendiri berasal dari nama permen kacang yang berasal dari Eropa, tepatnya berasal dari Perancis.

Sistem operasi Android Nougat ini pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 2016 lalu yang berbentuk versi developer. Dimana OS Android ini memungkinkan para penggunanya untuk menikmati mode split-screen yang berguna membuka dua aplikasi. Jika sebelumnya HP yang menggunakan Android Nougat hanyalah perangkat Nexus, namun saat ini telah banyak HP yang menggunakan Android Nougat sebagai sistem operasinya.

Tak hanya itu, mode yang diusung dari Android Nougat ini berkemampuan untuk melakukan pengukuran, serta mengubah tampilan layar yang berasal dari berbagai aplikasi yang dijalankan secara otomatis. Namun tidak hanya dapat berjalan secara otomatis, pengukuran dan pengubahan tampilan layar tersebut juga dapat dilakukan secara manual sesuai dengan keinginannya.

Setelah satu tahun berlalu, Google disebut-sebut telah mempersiapkan sistem operasi penerusnya. Jika merujuk dari kebiasaan, Android OS yang diluncurkan nantinya tentu memiliki nama awalan O. Nama awalan O ini berasal dari urutan abjad setelah huruf “N” yang merupakan kode Android Nougat yang diluncurkan tahun 2016 lalu.

Banyak yang beranggapan bahwa Android O sebagai penerus Android Nougat tersebut ialah Android Oreo. Kelebihan Android Oreo pun dapat dikatakan cukup banyak dan bersifat baru karena belum ditemukan di Android OS sebelumnya. Dari versi developer, diketahui bahwa Android Oreo tersebut akan mengusung fitur Background Limits.

Dimana fitur tersebut akan memberikan batasan terhadap jalannya berbagai aplikasi secara otomatis, terutama bagi aplikasi yang bekerja di background. Dampak positif yang dihadirkan dari fitur tersebut ialah baterai menjadi lebih tahan lama, serta performa dari sebuah ponsel akan lebih efisien. Tidak hanya itu, fitur Background Limits ini juga memberikan kemudahan bagi para developer untuk mengembangkan suatu aplikasi yang mampu menghemat daya.

Fitur selanjutnya ialah Mode Picture in Picture (PiP) dan API autofill. Dimana mode ini berkemampuan untuk memudahkan para penggunanya untuk mengerjakan pekerjaan lainnya ketika tengah menggarap suatu pekerjaan pada ponsel. Hal yang tak kalah menariknya ialah hadirnya tombol kendali tayangan pada windows untuk PiP.

Sedangkan untuk fitur API autofillnya dari Android Oreo dapat dikatakan lebih cerdas, sehingga berbagai aplikasi untuk melakukan pengaturan password dapat dipilih sebagai solusi untuk melakukan pengisian otomatis kolom password. Fitur lainnya dari Android penerus Nougat ini ialah Kanal Notifikasi dan Snoozing. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membuat Android Oreo lebih berkonsentrasi pada notifikasi yang dimilikinya.

Baca Juga:  Tips dan Cara Menghemat BBM Motor dan Mobil

Google memang senantiasa menghadirkan sistem operasi yang mengusung nama nama Android dari A sampai Z. Dimana masing-masing nama Android tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Untuk Android N atau Android Nougat sendiri diklaim memiliki feature multitasking yang lebih baik jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya.

Hal ini tentu disambut positif oleh para pengguna Android karena hadirnya fitur multitasking ini dirancang khusus untuk penerapan berbagai kebutuhan, contohnya sama chatting BBM, WhatsApp sembari membuka media sosial Instagram.

Kelebihan dan kekurangan Android Nougat lainnya ialah dioptimalkannya mode malam. Mode malam sendiri merupakan sebuah fitur yang berguna untuk membuat layar meredup agar dapat menghemat konsumsi baterai. Bahkan saat ini, para pengembang tengah berupaya sedemikian mungkin untuk membuat mode malam berjalan secara otomatis. Contohnya saja ketika malam hari telah tiba, maka layar ponsel akan otomatis masuk ke mode malam. Hal ini diketahui dari pancaran cahaya di layar yang mulai meredup.

Hal yang tak kalah menariknya ialah Android Nougat telah diakuisisi proyek Google Daydream. Perlu diketahui, proyek Google Daydream sendiri merupakan sebuah proyek pengembangan teknologi yang berbasiskan virtual reality yang hanya memanfaatkan perangkat yang ringan.

Sebagai sistem operasi Android terbaru, keamanan merupakan hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan OS Nougat. Meskipun berbasiskan open source, namun keamanan dari Android Nougat tidak dapat diragukan lagi karena keamanannya sangat terjamin. Terlebih lagi, keamanan merupakan suatu hal yang sangat penting dari suatu ponsel. Pasalnya, semakin canggihnya teknologi internet, membuat berbagai aksi penyadapan pun dapat dilakukan dengan mudah.

Fitur lainnya yang diusung Android Nougat ini ialah bundled notifikasi. Dimana fitur tersebut berfungsi sebagai pemberitahuan yang dapat dikombinasikan dalam sebuah aplikasi. Dimana berbagai pemberitahuan tersebut dapat diatur sesuai keinginan penggunanya. Dengan demikian, hal ini pun membuat pemberitahuan yang muncul pada ponsel akan lebih terorganisir dan tidak menggangu kenyamanan.

Selain memiliki kelebihan, Android Nougat tentunya memiliki kekurangan, baik Adnroid 7.0, 7.1, 7.2, 7.3 dan seterusnya. Kekurangan Nougat yang pertama ialah tentunya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan versi terdahulu. Hal ini dapat dilihat dari harga yang ditawarkan untuk HP Android yang menjalankan sistem operasi Nougat di pasaran.

Kekurangan lainnya tentang Android Nougat yang banyak ditemui ialah adanya update aplikasi yang berlangsung secara terus menerus dalam kurun waktu yang cukup singkat. Meskipun pembaharuan tersebut bersifat baik karena akan mengalami peningkatan pada ponsel bersistem operasi Android Nougat, namun jelas akan membuat penggunanya menjadi terganggu. Dengan mengetahui pengertian Android Nougat beserta kelebihan dan kelemahannya, tentunya Anda akan lebih mengerti keistimewaan dari ponsel yang menjalankan OS tersebut.

Tags:
Pengertian Android Nougat Beserta Kelebihan dan Kelemahannya | yayan | 4.5