Sedang memuat....Cara Cek Saldo Jamsostek – BPJS Secara Online dan Via SMS 2757....

Cara Cek Saldo Jamsostek – BPJS Secara Online dan Via SMS 2757

Cara Cek Saldo Jamsostek – BPJS Secara Online dan Via SMS 2757 – Di era yang semakin modern ini, tentu tidak asing lagi mendengar kata Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) atau BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) ketenagakerjaan.

Saat ini, hampir seluruh karyawan yang bekerja di suatu pabrik atau perusahaan diwajibkan untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Dimana cara kerjanya hampir seperti asuransi sebagai JHT (Jaminan Hari Tua).

Dengan membayar biaya yang telah ditentukan tiap bulannya, maka karyawan tersebut dianggap tengah menabung saldo yang mana saldo tersebut dapat ditarik sekitar 10 hingga 30 persen jika telah minimal 10 tahun menjadi peserta. Sedangkan penarikan seluruhnya dapat dilakukan ketika telah di-PHK, telah keluar dari pekerjaan, menderita cacat tetap atau meninggal dunia.

Perkembangan teknologi yang kian pesat rupanya membuat saldo dari BPJS tersebut dapat dicek secara online atau pun melalui SMS. Namun sebelum melakukan pengecekan saldo melalui SMS, daftarkan diri Anda terlebih dahulu untuk memperoleh nomor ID.

Contoh cek saldo Jamsostek via SMS ialah dengan format DAFTAR SALDO#No. KTP#Nama Peserta#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#No. Kartu Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian kirimlah ke 2575. Tunggulah beberapa saat hingga memperoleh SMS balasan.

Setelah memperoleh SMS balasan, jangan lakukan cek saldo Jamsostek via telepon, melainkan juga melalui SMS, yakni dengan mengirimkan SMS ke 2757 dengan format SALDO(spasi)No. Kartu Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan.

Nantinya Anda akan memperoleh balasan seperti berikut ini : SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 30 11 2016 RP.14.000.000. Dengan demikian, ID 123456789 hingga tanggal 30 bulan 11 tahun 2016 memiliki saldo sejumlah Rp 14 juta.

Selain cek saldo BPJS via SMS 2017, pengecekan saldo ini dapat dilakukan secara online. yakni dengan login Jamsostek Ketenagakerjaan di website resminya www.bpjsketenagakerjaan.go.id. atau langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.

Jika sebelumnya belum pernah mendaftar di halaman website, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik menu Tenaga Kerja jika masih berstatus sebagai pekerja atau karyawan. Cara cek saldo ini merupakan cara online yang harus terhubung dengan jaringan internet, sehingga berbeda dengan cek saldo Jamsostek via SMS 2017.

Setelah mendaftar, masukkan user ID dan password yang didaftarkan, kemudian masuk ke menu member BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya, pilihlah menu Lihat Saldo JHT. Langkah selanjutnya ialah memilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda dan tekan tombol SUBMIT. Jumlah saldo yang Anda miliki pun akan ditampilkan.

Baca Juga:  Cara Cek Chipset Android Mudah

Tidak hanya online dan SMS, cara cek saldo Jamsostek lewat ATM pun dapat dilakukan. Tentu hal ini memudahkan mereka yang ingin melakukan pengecekan saldo yang dimilikinya tanpa mendatangi kantor pusat Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, cek saldo Jamsostek via ATM Mandiri tidak dapat dilakukan karena BPJS hanya bekerja sama dengan bank BNI. Oleh karena itu, nasabah BNI pun dapat melakukan pengecekan saldo Jamsosteknya sewaktu-waktu.

Sama halnya dengan cara cek BPJS kesehatan lewat SMS, pengecekan via ATM BNI ini juga hanya sekedar untuk melakukan pengecekan. Pasalnya, pengambilan saldonya tidak dapat dilakukan langsung di ATM BNI.

Dengan mengetahui cara cek saldo Jamsostek – BPJS secara online dan via SMS 2757, maka Anda tidak perlu lagi menyambangi kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui jumlah saldo BPJS yang dimilikinya. Pilihlah ara yang paling praktis dan termudah menurut Anda.

Tags:
Cara Cek Saldo Jamsostek – BPJS Secara Online dan Via SMS 2757 | yayan | 4.5