Sedang memuat....Cara Cek CPU Android Tanpa Ribet....

Cara Cek CPU Android Tanpa Ribet

Cara Cek CPU Android Tanpa Ribet – Di era yang modern ini, smartphone Android sudah bukan lagi menjadi hal yang langkah karena telah berjamur dan digunakan oleh berbagai kalangan yang dibanderol dengan harga yang cukup beragam. Keberagaman harga tersebut dipengaruhi oleh spesifikasi yang dimilikinya.

Untuk mengetahui spesifikasi ponsel Android Anda, sebenarnya bukanlah menjadi hal yang sulit karena Anda pun dapat mengeceknya sendiri di rumah. Salah satu spesifikasi yang dapat ditengok dari sebuah smartphone ialah RAM. RAM sendiri merupakan media penyimpanan sementara dari sebuah ponsel. Jika kapasitas RAM tersebut cenderung besar, maka kinerja dari sebuah ponsel cenderung cepat dan lancar.

Namun sering juga dijumpai ponsel yang lemot karena sisa kapasitas RAM yang cenderung minim. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan sisa RAM. Cara mengecek RAM Android sendiri sebenarnya cukup mudah namun masih banyak yang tidak paham cara pengecekannya.

Cara mengecek RAM pada sebuah ponsel ialah dengan masuk ke menu Setting atau Pengaturan pada sebuah ponsel, kemudian pilihlah menu Application. Pada menu ini, Anda akan disuguhkan dengan banyak submenu yang ditampilkan, namun pilihlah submenu “Running”.

Setelah memilih “Running”, maka Anda pun akan disuguhkan dengan informasi terkait sisa RAM yang dimiliki oleh sebuah ponsel. Biasanya pemakaian dari RAM akan ditandai dengan warna biru, sedangkan untuk sisanya ditandai dengan warna biru.

Cara pengecekan RAM ini dapat dilakukan di berbagai ponsel Android, termasuk diantaranya Samsung. Selain mengecek RAM, Anda juga dapat melihat spesifikasi dari HP Samsung tersebut. Proses pengecekan ini berguna untuk membuktikan keaslian dari ponsel, mengingat saat ini telah banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang menghadirkan ponsel replika dengan berbagai merk.

Pada umumnya, cara melihat spesifikasi HP Samsung ini cenderung cukup mudah, yakni melalui menu Settings pada sebuah ponsel. Ketika telah masuk pada menu ini, scrol layar HP ke bawah agar menemukan opsi “About Phone”. Selanjutnya, pilihlah opsi “Device Information” untuk menengok spesifikasi dari sebuah smartphone Samsung.

Selain selalu menu Settings, Anda juga dapat melakukan pengetesan hardware dari suatu ponsel ialah dengan memanfaatkan aplikasi droid hardware info. Aplikasi yang dikembangkan oleh InkWired ini memiliki berbagai fitur menu yang terkait dengan info komponen dari hardware ponsel secara terperinci. Tak perlu khawatir susah mencarinya karena aplikasi ini telah tersedia di Google Play Store dan diberikan secara cuma-cuma atau gratis.

Aplikasi droid hardware info ini dapat digunakan di berbagai ponsel, termasuk diantaranya ponsel Asus. Cara melihat spesifikasi HP Asus ini juga hampir sama dengan sebelumnya. Untuk pengecekan tanpa pengetesan, dapat masuk ke menu Settings seperti pengecekan yang dilakukan untuk ponsel Samsung.

Baca Juga:  Cara Daftar Paket Nelpon Simpati Bulanan

Berbicara mengenai Android hardware info APK, aplikasi ini berkemampuan untuk melakukan pengecekan terhadap berbagai perangkat yang dimiliki oleh ponsel Android dan menginformasikannya secara terperinci. Namun perlu diketahui, informasi yang disuguhkan dari aplikasi ini hanyalah sebatas teks, tidak ada informasi gambar apa pun.

Selanjutnya, berbicara mengenai chipset, tak sedikit yang meyakini bahwa chipset merupakan suatu hal yang memiliki peran penting dalam sebuah smartphone. Salah satu jenis chipset yang banyak digandrungi dan populer di masyarakat karena kualitasnya ialah chipset MediaTek. Cara cek MTK Android dapat dilakukan dengan dua cara, ialah dengan “Debugging Mode” dan “Not Debugging”.

Untuk pengecekan MTK “Debugging Mode”, ada 2 bahan yang perlu dipersiapkan, yakni MTKdroid Tool dan ADB Driver. Sedangkan untuk “Not Debugging”, Anda perlu memiliki MauiMETA_exe_3G_v6.1316.1 dan USB VCOM Driver.

Untuk “Debugging Mode”, hal pertama yang Anda lakukan ialah dengan mendownload kedua bahan tersebut dan mengextractnya. Kemudian installah ADB Driver. Jika telah sukses, hubungkanlah ponsel ke komputer dengan USB Debugging. Setelah itu, bukalah MTKDroid Tool, maka informasi detail terkait ponsel Android Anda akan muncul.

Sedangkan untuk “Not Debugging”, persiapkan kedua bahan yang telah disebutkan di atas dan extractlah. Installah driver hingga terhubung dengan baik dan kemudian bukalah MauiMETA_exe_3G. Selanjutnya, klik Options dan pilih “Connect Smartphone Into META Mode”. Pada pilihan Koneksi, pililah “USB COM”, kemudian klik “Reconnect” yang terletak di sebelah kanan atas.

Namun perlu diperhatikan, mode meta yang dimiliki oleh ponsel bisa saja berbeda satu sama lain. Jika telah terhubung dengan baik, lampu yang tadinya berwarna hijau dan merah bergantian, akan berubah menjadi warna kuning. Selanjutnya, bukalah MTKDroid Tool, maka detail atau spesifikasi Android Anda akan muncul secara otomatis.

Selain mengecek chipset, pengguna Android juga dapat melakukan pengecekan pada GPU (Graphics Processing Unit). Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan¬†CPU Z APK ialah dengan masuk ke halaman “SoC” ketika telah menginstal dan membukanya.

Tak perlu kesulitan mencari aplikasi ini karena cara cek GPU di Android sangat mudah, dimana aplikasi CPU Z sendiri telah tersedia di Google Play Store dan tidak berbayar alias gratis. Dengan demikian, Anda pun dapat melakukan pengecekan GPU Android sendiri tanpa harus ke ahlinya.

Terlebih lagi, saat ini internet sudah menjadi hal yang cukup dekat dengan manusia. Hampir berbagai informasi disediakan, termasuk cara cek CPU Android tanpa ribet. Ketika menemui masalah pada sebuah ponsel, tak perlu buru-buru menyambangi tukang servis karena jika masalah tersebut merupakan masalah ringan, Anda pun dapat menyelesaikannya sendiri di rumah.

Cara Cek CPU Android Tanpa Ribet | yayan | 4.5