Sedang memuat....5 Langkah Mudah Menghemat RAM Android Agar Tidak Lag....

5 Langkah Mudah Menghemat RAM Android Agar Tidak Lag

Langkah Mudah Menghemat RAM Android – Banyaknya aplikasi yang anda miliki pada perangkat Android menjadikan memori terasa penuh. Tidak mengherankan memang beragam aplikasi yang disediakan pada Play Store membuat para pengguna Android tergoda untuk mengunduhnya. Sayangnya hal tersebut akan berdampak negatif pada smartphone anda sendiri yang akan menyebabkan perangkat menjadi melambat.

Meskipun para vendor gadget telah memberikan solusi yang tepat bagi para pengguna Android yang gemar mengoleksi banyak aplikasi, dengan membekali kapasitas RAM yang terbilang cukup besar. Karenanya RAM termasuk bagian dari otak ponsel maka akan sangat berpengaruh pada performa smartphone. Sehingga, anda sebagai pengguna smartphone lakukan langkah yang bijak untuk menghemat RAM, di sini.

Langkah Mudah Menghemat RAM Android

1. Bersihkan Cache pada Smartphone

Sebetulnya langkah ini tidak akan berpengaruh dalam signifikan, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda mencobanya terlebih dahulu sebagai penanganan awal. Keberadaan cache itu sendiri berguna dalam merekam adanya data pada penggunaan aplikasi. Di samping itu, cache dapat berfungsi sebagai kecepatan dalam suatu proses penggunaan aplikasi. Dengan menhapus cache maka memori internal ponsel akan lebuh baik. Anda bisa masuk ke setting > general > apps > lalu pilih aplikasi yang ingin anda bersihkan cache > clear cache.

2. Kurangi Aplikasi pada Background

Biasanya smartphone akan berjalan melambat akibat adanya kebanyakan aplikasi yang berjalan pada background. Dengan begitu, masalah tersebutlah yang menjadikan jumlah aplikasi berjalan lambat atau lemot saat sedang membukanya. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengeluarkan program dari aplikasi-aplikasi tersebut. Setelahnya, anda diusahakan untuk tidak terlalu banyak lagi dalam menjalankan berbagai aplikasi pada background layar smartphone anda.

Baca Juga:  Cara Memutar Video FLV MP4 Di Android

3. Pindah Aplikasi dari Memori Internal ke Ekternal

Pastikan cara yang satu ini sangat amouh dalam menghemat RAM yang kerap memakannta. Dengan cukup bisa anda langsung terapkan. Langkah pertama yakni dengan pergi ke menu Setting > apps > manage application > pilih aplikasi yang ingin dipindahkan > move to SD Card. Atau sebagai alternatif lain anda bisa menggunakan aplikasi lain, misalnya Mpve Apps, AppMgr, dan App2SD Easy agar lebih memudahkan.

4. Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Berikutny adalah dengan menginstall aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk yang dibawah 1 GB (misalnya 512 MB), terapkan aplikasi secukupnya. saja. Jangan install aplikasi medsos messenger di semua perangkat. Ada baiknya untuk memilih salah satu agar terkoneksi dengan semua kontak teman WhatsApp yang bisa jadi pilihan utama. Nah, mungkin BBM bisa menjadi alternatif, lakukan force stop aplikasi tersebut. Barulah anda membukanya dengan melakukan pengecekan psan yang telah masuk.

5. Ganti dengan Browser Minim RAM

Untuk langkah terakhir anda bisa mengganti dengan browser yang mana terbukti minim terhadap RAM. Tanpa menggunakan aplikasi messeger ternyata masih mampu dalam mengunjungi media sosial, misalnya instagram atau pun facebook. Namun semua itu digunakan hanya dengan browser tanpa harus menginstalnya. Dengan begitu, anda patut untuk menerapkan metode ini.

Baca juga:
7 Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Itulah langkah mudah yang bisa anda lakukan dalam menghemat RAM pada perangkat Android. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua.

5 Langkah Mudah Menghemat RAM Android Agar Tidak Lag | admin | 4.5