Sedang memuat....7 Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi....

7 Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi – Pernahkah anda mengalami atau menyadari bahwa smartphone anda terasa sangat lambat dalam bekerja. Seperti halnya dengan sistem operasi yang lainnya, pada android juga akan mengalami hal yang sama seperti “lelet” atau “lemot”.

Banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi antara lain penuhnya memori, usia andoid yang telah lama digunakan, banyaknya aplikasi yang bekerja bersamaan dan lain sebagainya. Namun anda tidak usah khawatir apabila smartphone anda mengalami “lelet”. Berikut akan kami ulas mengenai beberapa cara untuk mengatasinya.

Tips Mengatasi Android Lemot tanpa Bantuan Aplikasi

1. Matikan Animasi

Salah satu penyebab android lelet adalah animasi yang selalu menyala, sehingga gerakan dari perpindahan menu yang satu ke menu yang lainnya akan lambat. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mematikan animasi tersebut.

2. Nonaktifkan Live WallPaper

Live wallpaper memang terlihat lucu, namun hal ini selain memboroskan daya baterai juga ternyata menyebabkan smartphone yang anda gunakan tidak bekerja dengan optimal atau lelet. Untuk terhindar dari hal itu alangkah lebih baik jika anda menonaktifkan live wallpaper pada layar smartphone yang anda gunakan.

3. Seleksi Aplikasi yang Jarang Digunakan

Banyaknya aplikasi yang menawarkan berbagai macam fungsi membuat kita mengunduh semua yang kita inginkan tanpa pertimbangan-pertimbangan terlebih dahulu. Padahal semakin banyak anda mengunduh dan menginstal aplikasi, maka kerja ponsel anda akan terganggu. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilikih jenis aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, dan menghapus yang tidak perlu ataupun jarang digunakan.

4. Jangan Memasang Widget Yang Berlebihan

Fitur tambahan atau yang biasa disebut widget berfungsi untuk menampilkan informasi realtime pada homescreen. Sehingga apabila anda memiliki widget yang terlalu banyak maka baterai serta bandwitch akan cepat terkuras. Tidak hanya itu, android yang anda gunakan juga akan mengalami penurunan kinerja.

Baca Juga:  Aplikasi Pembuat Catatan Note Terbaik Untuk Android

5. Gunakan MicroSD Bekecepatan Tinggi

Penggunaan microSD pada android akan menambah kapasitas penyimpanan. Meskipun android juga memiliki memori internal yang cukup besar, namun keberadaan microSD akan berakibat pula pada kinerja sistem android.

6. Pakailah Aplikasi Serba Guna

Penggunaan RAM dapat ditekan hanya dengan anda menggunakan aplikasi serba guna. Hal tersebut tentunya akan mampu mengatasi android lelet ayang diakibatkan oleh banyaknya aplikasi yang kita gunakan. Jika kita menggunakan aplikasi yang memiliki satu fungsi maka kita akan menginstal banyak aplikasi, dan itu sangat berpengaruh buruk bagi kinerja ponsel.

7. Manajemen Synchro

Supaya ponsel android anda tidak terlalu banyak menggunakan koneksi yang menyebabkan terkurasnya paket data, akan lebih baik apabila kita melakukan pengaturan pada bagian sinkronisasi. Hal ini bertujuan agar smartphone kita tidak melakukan download secara otomatis. Dan tentu saja hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kinerja andoid karena apabila ponsel mendownload otomatis, maka akan mengakibatkan memori RAM semakin penuh.

Demikianlah beberapa cara yang dapat kita lakukan utnuk mengatasi masalah kinerja android yang lemot tanpa menggunakan aplikasi apapun. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kecepatan kinerja ponsel anda, silahkan untuk mencoba beberapa tips diatas. Semoga bermanfaat.

7 Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi | admin | 4.5