Sedang memuat....Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif....

Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif

Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif –Sistem kemudi menurut saya adalah sistem yang penting dalam kendaraan. Sistem kemudi berfungsi agar pengemudi dapat mengendalikan kendaraan sesuai dengan keinginan pengemudi dengan tepat dan dengan sedikit tenaga. Kalau jaman dulu belum ada power steering yang tentunya membuat kemudi kendaraan berat akan terasa sangat berat maka dijaman moderen yang perkembangan ilmu pengetahuannya berkembang sangat cepat maka kemudi di kendaraan berat akan terasa ringan, apalagi sekarang banyak komponen yang menggunakan komponen elektronik.Bagi siswa otomotif apalagi yang baru belajar dan mengenal dunia otomotif tentu penasaran dan ingin segera belajar, hehe dan kali ini saya memiliki kesempatan untuk dapat membahas artikel yag berisi materi sistem kemudi untuk kalian para siswa TKR, kalian yang kuliahh jurusan otomotif dan semua masyarakat umum yang membaca artikel saya ini.

Sebelum menginjak materi selanjutnya kalian harus mengetahui beberapa komponen sistem kemudi yaitu :

 

  1. Steering Wheel yaitu roda kemudi
  2. Steering Main Shaft yaitu penghubung steering wheel dan steering gear
  3. Tie Rod yaitu penghubung antara roda dan tie rod end dan di tierod terdapat ulir untuk melakukan spooring ban agar senter.
  4. Pitman Arm yaitu berfungsi untuk meneruskan tenaga dari roda gigi sektor ke tierod (di recilculating ball)
  5. Relay Rod berfungsi untuk menghubungkan pitman arm dan tie rod end
  6. Steering Knuckle yaitu yang terpasang pada poros ball joint (lower arm biasanya) dan dalam steering knuckle juga terdapat bearing. Fungsi steering knuckle adalah sebagai poros putaran roda.
  7. Idler arm berfungsi untuk membatasi gerakan dan juga sebagai pemegang tambahan relay rod
  8. Masih banyak lagi komponen lainnya yang dapat anda lihat dimana letak berbagai komponen sistem kemudi pada 5 gambar di bawah ini :

 

 

 

Jenis Sistem Kemudi :

Sistem Kemudi Manual

Kelemahan sistem kemdui manual adalah pengemudi harus mengeluarkan tenaga yang banyak untuk menggerakan roda atau kemudi lebih berat dan akan membuat pengemudi cepat lelah dan bisa saja dapat membahayakan pengemudi.

Sistem Kemudi Power Steering

Power Steering akan menambah kekuatan pengemudi dengan memanfaatkan teknologi hydraulic. Kelebihan power steering adalah meringankan pengemudi dan dapat mengendalikan kendaraan lebih stabil

Dari dua jenis sistem kemudi diatas memang memiliki kelebihan sendiri-sendiri namun sistem kemudi power steering sudah diterapkan di banyak mobil dan malah jarang ada mobil dengan kemudi manual, itupun pasti mobil keluaran lama.Berikut uraian dari 2 jenis sistem kemudi di atas :

Sistem Kemudi Manual (Steering Gear)

Sistem kemudi manual dapat dipecah lagi atau dibedakan menjadi 2 karena ada dua jenis alat yang digunakan yaitu tipe Recirculating Ball dan tipe Rack and Pinion.

Recilculating Ball

Kita bahas tipe yang pertama yaitu recilculating ball, cara kerja recilculating ball adalah tenaga putar dari roda kemudi diteruskan ke gear box recilculating ball. Didalam gear box tersebut ulir roda gigi yang seperti cacing yang disebut wormshaft dan akan menggerakan mur yang disebut ball nut dan ball nut akan meneruskan tenaga menuju sector gear hingga diteruskan ke tie rod oleh pitman arm.

Keuntungan dari Recilculating Ball adalah ukuran komponen besar, keausan kecil karena terdapat oli pelumas dan tenaga yang diperlukan saat memutar roda kemudi lebih ringan.

Bagian-Bagian Recilculating Ball

 

Bagian-Bagian Recilculating Ball
Bagian-Bagian Recilculating Ball

 

Worm gear atau roda gigi cacing

 

Rack and Pinion

Waktu roda kemudi diputar maka pinion akan berputar dan akan menggerakan rack ke kanan atau kekiri sesuai dengan putaran roda kemudi.

Kelebihan rack and pinion adalah konstruksinya yang lebih sederhana dibandingkan recilculating ball dan ketika pengemudi menggerakan roda kemudi akan terasa ringan. Kekurangannya roda gigi cepat aus dan hanya cocok untuk kendaraan kecil

Gambar dan Nama Komponen Kemudi Tipe Rack and Pinion

 

Ilustrasi Sederhana Kemudi Tipe Rack and Pinion

 

Ilustrasi Sederhana Kemudi Tipe Rack and Pinion

 

 Komponen Sistem Kemudi

Komponen sistem kemudi memang ada banyak dan terus berkembang dan berikut komponen yang terdapat pada sistem kemudi.

Steering Column

Batang kemudi terdiri main shaft  yang meneruskan putaran yang dilakukan pengemudi ke steering gear. Steering Column tiap mobil dapat berbeda beda sesuai merek kendaraan dan jenis kendaraan dan yang lebih baik lagi adalah steering column sudah mengalami perkembangan di keamanan agar pengemudi dapat selamat walaupun mengalami hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan
Bagian-Bagian Steering Column :
  1. Steering wheel
  2. ignition switch
  3. upper bearing assembly
  4. steering column
  5. dash mount
  6. steering shaft
  7. lower shaft bearing
  8. universal jount
  9. firewall mount
  10. dan mungkin ada beberapa bagian lagi karena terus mengalami perkembangan
Baca Juga:  Laporan Lengkap Praktek Baterai TKR Otomotif

Jenis Steering Column :

Jenis Collapsible

Jenis collapsible lebih mementingkan keselamatan, jadi bila pengemudi mengalami kecelakaan seperti menghantam benda keras maka otomatis steering column akan runtuh atau terlipat dan dorongan kedepan akibat kecelakaan dapat diserap dan keselamatan pengemudi lebih terjamin.

Jenis Non Collapsible

Konstruksi dari steering column jenis non collapsible lebih sederhana dan lebih kuat dan kerugiannya adalah jenis non collapsible tidak dapat terlipat atau runtuh apabila terjadi kecelakaan. Hal ini dapat berbahaya jika terjadi benturan keras antara pengemudi dan roda kemudi

Steering Gear

Seperti pada dua jenis komponen sistem kemudi di atas yaitu rack and pinion dan recilculating ball.

Steering gear model worm dan sector roller

Anda dapat melihat steering gear jenis worm dan sector roller dibawah ini, tampak ada roda gigi yang disebut sector roller seperti di bawah ini. Di sector terdapat roda gigi lagi yang disebut roller.

 

Model Worm and Sector

Model ini mirip dengan worm and sector roller, perbedaannya adalah di jenis ini tidak memakai roller melainkan sector berhubungan langsung dengan worm gear. Anda dapat membandingkan dengan gambar model worm and sector roller di atas dengan gambar dibawah ini.

Model Screw Pin

Kalau model ini adalah ulir worm yang terdapat pin. Jadi jika worm diputar maka pin akan bergerak mengikuti alur dari ulir worm hingga dapat memutar roda kekanan atau kekiri

Model Screw dan Nut

Jika mainshaft diputar ke kanan atau kekiri maka otomatis ulir di mainshaft akan bergerak yang kemudian akan menyebabkan nut ikut bergerak mengikuti alur hingga menggerakan lever kekanan atau kekiri

Model Recilculating Ball

Model ini mirip dengan model screw and nut dan model worm and sector, hehe. karena dalam Recilculating ball terdapat Nut dan Sector dan didalam Nut juga terdapat bola-bola baja yang berfungsi agar bila mainshaft digerakan maka bola baja akan bergerak mengikuti alur dari ulir mainshaft hingga Nut ikut bergerak dan juga Nut akan menggerakan Sector hingga roda dapat digerakan kekanan dan kekiri. Kelebihan model ini adalah didalam wadah recilculating ball terdapat oli yang dapat diganti secara berkala dan komponennya dapat diganti dan itu membuat komponen ini tidak mudah aus dan awet.

Model Rack and Pinion

Prinsip dan cara kerja dari model ini sangat sederhana yaitu gerakan berputar dari pinion akan diterima oleh rack hingga dapat menggerakan roda kekanan ataupun kekiri. Kelebihan model ini adalah sudut belok yang tajam dan akurat dan cocok untuk kendaraan kecil seperti mobil pribadi
Pengertian Steering Linkage
Menurut wikipedia steering linkage memiliki pengertian adalah bagian dari sistem kemudi yang terhubung dengan roda depan. Jadi steering linkage adalah semua komponen yang termasuk dengan sistem kemudi. Steering linkage sendiri ada dua jenis yaitu untuk suspensi independen dan untuk suspensi rigid.
Bentuk steering linkage bisa saja berbeda dari satu mobil dengan mobil lainnya dan menurut saya istilah “Steering Linkage” malah cenderung diartikan sebagai tie rod.
Berikut gambar mengenai Steering Linkage

 

 

 

Ball-Crank Steering Linkage

 

Steering Linkage Model Rack and Pinion

Sekian artikel saya kali ini yang membahas materi lengkap sistem kemudi jurusan TKR otomotif. Memang artikel ini saya buat atas berbagai referensi dan berbagai gambar di internet yang bertujuan agar semakin jelas ulasan dari saya. Semoga bermanfaat.

Sumber :
Wikipedia.org
http://torquespecs.tripod.com/mustang_1994-98_sus-strg.htm
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/online/index.php?idkarla=61
Google images and other site.

Tags:
Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif | admin | 4.5