Sedang memuat....Jenis dan Macam Pegas Mobil Pada Sistem Suspensi....

Jenis dan Macam Pegas Mobil Pada Sistem Suspensi

Jenis Macam Pegas Pada Sistem Suspensi –  Saya tertarik membuat artikel ini saat saya merasa aneh dengan sistem suspensi, waktu saya PKL memang kalau bongkar pasang mungkin sudah bisa namuun masalah sebenarnya yang dirasakan pelanggan dan nama komponen mobil ternyata saya masih awam, hehe. Salah satunya adalah macam pegas, Karyawan PKL yang biasa saya tanyai pernah berkata saatu saya menanya sambil menunjuk komponen, ia menjawab dengan kata “torsi” dan saya agak asing dengan kata “Torsi” dan alhamdulilah dalam kesempatan ini saya dapat membahas artikel mengenai macam pegas pada sistem suspensi, salah satunya adalah pegas batang torsi.

Berikut Jenis Macam Pegas Pada Sistem Suspensi :

Coil Spring

Mungkin di mobil model baru akan sangat mudah ditemui Coil Spring, Coil Spring dalam bahasa Indonesia adalah Per Koil atau Pegas Coil. Pegas coil spring berbentuk spiral seperti obat nyamuk, hehe dan ditengahnya terdapat ruang sebagai tempat shock breaker. Coil Spring memiliki kelebihan ketimbang pegas daun atau torsi, sebab itu coil spring digunakan pada kendaraan penumpang yang tentunya kenyamanan pengendara diutamakan seperti di mobil mewah jenis sedan.

 

Leaf Spring

Pegas ini digunakan pada bagian depan dan belakang kendaraan berat dan pegas ini biasanya terdiri berlapis lapis yang dipegang atau diikat oleh senter pin dan ditutup dengan braket. Leaf Spring atau per daun atau pegas daun adalah pegas yang tersusun dari banyak lapisan baja lentur yang disatukan. Pegas daun banyak digunakan pada truk pengangkut barang karena sifatnya yang kuat dan tentunya kendaraan barang tidak terlalu mementingkan kenyamanan pengguna. Namun biasanya pegas daun digunakan hanya di bagian belakang dan untuk bagian depan sudah banyak truk yang menggunakan Coil Spring. Kelebihan pegas jenis ini adalah konstruksi yang sederhana dan sebagai penyangga dan tidak seperti coil spring yang hanya menopang satu titik saja, pegas daun mampu menopang beban lebih luas dan dari seluruh rangka kendaraan.
Pegas ini digunakan pada bagian depan dan belakang kendaraan berat dan pegas ini biasanya terdiri berlapis lapis yang dipegang atau diikat oleh senter pin dan ditutup dengan braket.

Pegas Torsi

Pegas Batang Torsi adalah pegas yang baru di telinga saya. Pegas torsi adalah pegas yang memanfaatkan puntiran dan kita tahu benda keras yang dipuntir akan kembali ke bentuk semula dan dari prinsip cara kerja itulah pegas torsi bekerja.
Ternyata pegas ini dapat digunakan di kendaraan berat atau ringan, jadi tentunya baja lentur yang digunakan tidak sembarangan, hehe.

Torsi menempel pada chasis dan suspension arm seperti gambar di bawah ini :

Pegas torsi digunakan pada mobil penumpang dan biasanya terdapat pada suspensi bagian depan model independent. Apa itu model independent ?
Prinsip cara kerja pegas torsi adalah puntiran. Jadi, pegas torsi terbuat dari baja elastis yang tentunya dapat kembali ke bentuk semula setelah puntiran.
Keuntungan menggunakan pegas torsi adalah konstruksinya sederhana, ringan, menyerap kejutan dengan baik, hemat tempat dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.
Kekurangan dari penggunaan pegas torsi adalah harga masih mahal
Anda dapat melihat cara kerja pegas torsi pada video di bawah ini.
Atau anda dapat melihat gambar di bawah ini :

 

Baca Juga:  Materi Sistem Kemudi
Sebelum mengalami puntiran

 

Setelah mengalami puntiran

Itulah jenis-jenis, macam-macam pegas pada mobil yang biasa kita temui, memang ini adalah hal baru bagi saya dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, terutama siswa otomotif. Semoga bermanfaat.

Tags:
Jenis dan Macam Pegas Mobil Pada Sistem Suspensi | admin | 4.5