Sedang memuat....Cara Mudah Menggunakan Dwell-Tacho Meter....

Cara Mudah Menggunakan Dwell-Tacho Meter

Cara Mudah Menggunakan Dwell-Tacho Meter – Menggunakan Dwell-Tacho meter memang sedikit berbeda penggunaannya daripada alat ukur yang lain. Saya sendiri agak lupa kadang cara penggunaan alat yang digunakan untuk mengukur sudut Dwell dan RPM atau Rotation Per Minute.
Dwell Tacho Meter
Skala Pengukuran Dwell Tacho Meter
Alat pengukuran dalam otomotif memang sangat beraneka ragam dwngan berbagai fungsi dan berbagai spesifikasinya dan tentunha sebagai siswa otomotif kita harus mempelajari segala ilmunya
Biasanya Dwell dan Tacho dalam satu alat karena cara pemasangannya pun sama jadi semisal kita selesai mengukur RPM maka kita dapat langsung mengukur sudut Dwell.
Untuk cara mengukur sudut Dwell kita tinggal mengubah selektornya ke sudut dwell dan lihat pada skala yang ditunjuk anak panah dan hasil yang ditunjukan kalikan 2. Spesifikasinya 52° derajat.
Jadi sebenarnya sangat mudah untuk menggunakan dwell tacho meter.

Cara Mengukur RPM Menggunakan Tacho Meter Pada Mobil

  1. Dengan menggunakan alat ukur tacho meter pasangkan kabel merah pada terminal positif ignition coil (terminal yang menuju ke distributor) sebelum dihidupkan kalibrasi terlebih dahulu tacho meter atau pastikan panah penunjuk menunjuk ke angka 0.
  2. Kemudian hidupkan mesin dan kemudian untuk menghitung RPM, lihat pada angka yang ditunjuk oleh tacho meter lalu kalikan 2 kemudian hasilnya kalikan 100 atau ada yang menggunakan rumus angka yang ditunjuk anak panah dikalikan 200 (Sama saja)
    Spesifikasi untuk RPM mobil 5K adalah 760 RPM. Jika RPM mesin belum memenuhi standar maka setel ISAS dan IMAS.
  3. Perbedaan ISAS dan IMAS
    ISAS (Idle Speed Adjusting Screw) yaitu baut untuk menyetel RPM mesin
    IMAS (Idle Mixture Adjusting Screw) yaitu baut untuk menyetel campuran udara dan bahan bakar.
  4. Cara menyetel RPM mesin sebelumnya putar ISAS sampai terdengar suara mesin tertinggi (terkeras) lalu putar IMAS searah jarum jam sampai suara mesin terendah (mesin mau mati) lalu putar IMAS kembali sampai suara tertinggi dari mesin kemudian yang terahir adalah putar ISAS sampai mesin stasioner (suara stabil) dan pastikan saat di ukur menggunakan Tacho Meter RPM-nya 760 RPM.
  5. Selesai
Baca Juga:  Apa itu SEO Off Page dan SEO On Page

Cara Mengukur Sudut Dwell Dengan Menggunakan Dwell Tester :

  1. Pertama pindah selektor dari Tacho Meter menjadi Dwell Tester dan kalibrasi terlebih dahulu dwel tester.
  2. Hidupkan mesin dan lihat angka yang ditunjuk oleh anak panah pada Dwell Tester dan kalikan 2 angka yang ditunjuk tadi
  3. Spesifikasi sudut Dwell mesin 5K adalah 52°
Contoh pengukuran menggunakan Dwell Tester adalah semisal setelah saya melakukan menggunakan dwell tester ditunjuk angka 30 maka sudut dwell terlalu kecil yang berarti celah platina terlalu lebar dan cara memperbaikinya adalah dengan cara mengatur celah platina yaitu 0.40 dengan menggunakan fuller gauge.

Bagaimana Cara Menyetel Celah Platina ?

Distributor Part
Bagian-Bagian Untuk Penyetelan Platina
Cara mengatur celah platina adalah dengan atur platina agar berada di puncak nok dan buka tutup distributor lalu lepas rotor dan kemudian kendurkan dua baut. Setelah itu geser tempat penyetelan platina (coakan) dengan obeng (-)  agar membuka dan selipkan fuller gauge 0.40 lalu digesek-gesekan sampai terasa sempit lalu dikencangkan baut bagian bawah (celah tidak akan dapat berubah jika baut bagian bawah setelah di kencangkan) dan cek atau gesekan kembali fuller gauge sampai didapat celah yang tepat lalu kencangkan baut bagian atas juga.Jadi intinya kendurkan kedua baut lalu longgarkan celah platina menggunakan obeng (-) lalu selipkan fuller gauge lalu setel sesuai spesifikasi lalu geser-geser fuller gauge hingga pas lalu kencangkan baut bagian bawah lalu gesek-gesekan fuller gauge apakah sudah pas, jika telah pas kencangkan kedua baut dan selesai 🙂

Distributor Part
Bagian Distributor Lain
Sekian artikel saya kali ini yang membahas bagaimana cara mudah menggunakan Dwell Tester, Tacho Meter dan bagaimana cara menyetel celah platina. Simak terus artikel otomotif lainnya hanya di Bloggersakti.com 🙂 Semoga bermanfaat.
Tags:
Cara Mudah Menggunakan Dwell-Tacho Meter | admin | 4.5