Sedang memuat....Cara Menggunakan Timing Light dan Menyetel Waktu Pengapian Pada Mobil....

Cara Menggunakan Timing Light dan Menyetel Waktu Pengapian Pada Mobil

Cara Menggunakan Timing Light Pada Mobil – Timing light merupakan alat yang digunakan untuk mengukur atau mengetahui saat pengapian mobil. Jadi bila setelah diukur dengan timing light dan saat pengapian mobil terlalu maju atau terlalu mundur maka dapat di atur agar saat pengapian dapat pas sesuai dengan spesifikasi. Timing light sendiri merupakan alat dengan bentuk yang bermacam-macam, ada yang seperti botol dan ada juga yang berbentuk seperti pistol yang dapat mengeluarkan cahaya.

Cara Menggunakan Timing Light dan Menyetel Waktu Pengapian Pada Mobil

 

Berikut Cara Menggunakan Timing Light Pada Mobil :

 

  1. Siapkan mobil yang akan di ukur saat pengapiannya dan alat timing light anda
  2. Pasangkan kabel merah dari timing light ke terminal positif baterai dan kabel hitam ke terminal negatif baterai dan kabel pemicu yang seperti penjepit ke kabel busi nomor satu. Untuk mengetahui yang mana silinder pertama adalah yang paling dekat dengan kipas, atau anda dapat melihat angka pada tutup distributor.
    Cara Menggunakan Timing Light dan Menyetel Waktu Pengapian Pada Mobil
    Kabel Pemicu Timing Light
  3. Kemudian lepaskan kedua selang vacuum advancer dan sumbat dengan baut atau kayu. Karena vacuum advancer dapat memajukan saat pengapian berdasarkan beban mesin atau berdasar kevakuman intake manifold dan usahakan agar rpm mesin kurang dari 900 rpm, ini dimaksudkan agar governor advancer tidak bekerja karena governor advancer dapat memajukan saat pengapian berdasarkan putaran mesin. Cara mengetahui RPM mobil adalah menggunakan tacho-meter.
  4. Kemudian pencet tombol power yang ada di timing light dan arahkan pada angka yang berada di dekat pulley.
    Cara Menggunakan Timing Light dan Menyetel Waktu Pengapian Pada Mobil
  5. Dan saat menyorotkan lampu dari timing light maka akan terlihat angka yang merupakan saat pengapian mobil anda. Walaupun pulley terus berputar, namun jika disorot dengan menggunakan timming light akan terlihat angka yang merupakan saat pengapian mobil anda.
  6. Jika pengapian anda terlalu maju misalnya 10 derajat sebelum titik mati atas atau terlalu mundur seperti 10 derajat setelah titik mati atas.
  7. Untuk mengatasinya anda tinggal mengendurkan baut distributor dan geser kekiri (berlawanan arah rotor) hingga saat pengapian telah tepat yaitu kira-kira 5 derajat sebelum TMA, atau 8 derajat sampai 12 derajat sebelum TMA (lihat manual book mobil anda)
  8. Kemudian kencangkan baut distributor dan pasang kembali vacuum advancer dan jangan sampai terbalik.
Sekian artikel saya kali ini mengenai bagaimana cara menggunakan timing light pada mobil dan silahkan bertanya melalui komentar bila ada pertanyaan yang mungkin ingin anda tanyakan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga:  Game Metal Slug 2 dan 3 Terbaik Untuk Android
Tags:
Cara Menggunakan Timing Light dan Menyetel Waktu Pengapian Pada Mobil | admin | 4.5