Sedang memuat....Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Situs Torrent....

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Situs Torrent

Apa Itu Torrent dan Apa Fungsinya – Saya terinspirasi membuat artikel ini adalah karena saya pernah mengunduh beberapa aplikasi FREE yang berukuran 8 GB di Torrent. Kemudian saya menjadi bertanya-tanya apa sebenarnya torrent itu ? saya kemudian bertanya kepada rekan saya yang mengenalkan saya kepada torrent dan dia menjelaskan bahwa torrent adalah menggunakan prinsip jaringan peer to peer yang menurut saya prinsipnya sama seperti saat kita bermain game secara multiplayer dengan rekan kita dengan menggunakan LAN kabel atau jaringan lainnya. Untuk lebih lanjut mengenai apa itu peer to peer kalian dapat mencarinya di Google.

Torrent
Logo U Torrent

 

Pengertian Torrent

Berdasarkan beberapa referensi yang saya dapatkan di google dan kaskus, torrent adalah sistem download yang menggunakan prinsip jaringan peer to peer dan saat kita mengunduh file di berbagai situs torrent maka kita akan mendapatkan file dengan ukuran kecil hanya beberapa kB. File tersebut harus di buka menggunakan aplikasi downloader torrent seperti qBittorent, uTorrent dan lain sebagainya.

Kenapa Torrent Sangat Lengkap ?

Hampir berbagai file ada di torrent, mulai aplikasi free hingga aplikasi lainnya. Namun perlu diketahui bahwa Torrent bukanlah dedicate server atau servernya terpusat namun adalah peer to peer jadi tiap komputer diseluruh dunia yang menggunakan torrent dan terhubung dengan internet adalah bisa disebut server. Jadi berbagai file akan sangat lengkap karena mungkin ada jutaan komputer yang terhubung dengan torrent. Intinya jika kalian mengunduh file di torrent otomatis komputer kalian menjadi server untuk komputer lain yang membutuhkan file dalam komputer kalian selama komputer kalian terkoneksi internet.

Tips download file di Torrent

Pilihlah situs yang memiliki seeder terbanyak. Informasi mengenai seeder bisa diketahui di web saat kita mencari file torrent. Tujuannya agar proses download kita semakin cepat.

Istilah-istilah aplikasi torrent yang harus diketahui :

 

Seeder

Seeder adalah orang yang telah mengunduh lengkap file yang ada di torrent. Seeder bisa disebut sebagai orang yang pertama kali share suatu file atau orang yang telah mengunduh suatu file tersebut yang nantinya otomatis melakukan upload file yang telah di download tersebut untuk yang lainnya.

Baca Juga:  Game Pertarungan Stickman Terbaik Untuk Android

Leecher

Leecher adalah orang yang mengunduh file di torrent dan tidak memiliki sama sekali file yang akan di upload (bisa juga disebut di share). Leecher bisa disebut orang yang baru saja ingin mengunduh file pertama kali dan tidak memiliki file apapun yang akan di share kembali. Leecher adalah pengguna atau orang yang mengunduh file di torrent.

A hit and runner

Adalah pengguna atau leecher yang telah mengunduh suatu file dari torrent namun tidak melakukan upload atau share file yang telah di unduh atau tidak melakukan seed file yang telah ia unduh.

Swarm

Swarm adalah pengguna yang sedang mengunduh file di torrent

Ratio

Ratio adalah perbandingan upload dan download, jadi saat kita download kita bisa tau kecepatan download dan upload seperti di modem mungkin. Hehe.

Kenapa file torrent sangat lengkap ? bagaimana cara kerja torrent ?

Prinsip kerja torrent adalah peer to peer. Misalkan ada 4 komputer dan ada file bernama infogadgetku pada komputer nomor 1. Kemudian komputer nomor 2 mengunduh file bernama infogadgetku dan melakukan share/seed. Kemudian komputer 3 mengunduh juga file infogadgetku. Namun karena seeder ada dua yakni komputer 1 dan 2 maka proses download akan lebih cepat. Setelah selesai komputer 3 melakukan seed. Dan ketika komputer 4 mengunduh file infogadgetku maka komputer 1,2,3 adalah sebagai seeder, dan ketika proses download selesai, komputer 4 melakukan seed. Dan ketika komputer 5 ingin mengunduh file infogadgetku maka komputer 1,2,3,4 adalah sebagai seeder dan otomatis proses download semakin cepat.

Jadi maksud torrent adalah menggunakan tipe jaringan peer to peer adalah semua komputer yang mengunduh dan melakukan seed akan menjadi server.

Sekian artikel saya kali ini mengenai apa itu torrent, cara kerja torrent dan masih banyak lagi. Simak terus artikel selanjutnya hanya di infogadgetku. Semoga bermanfaat.

 

Tags:
Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Situs Torrent | admin | 4.5