Sedang memuat....Apa Itu Tahanan Ballast dan Apa Fungsi Ballast Resistor....

Apa Itu Tahanan Ballast dan Apa Fungsi Ballast Resistor

Apa Itu Tahanan Ballast dan Apa Fungsi Ballast Resistor – Saat melihat koil atau ignition coil yang resistornya diluar atau biasa disebut external ballast resistor maka anda akan melihat benda kotak yang menempel pada ignition coil. Pertama kali saat saya penasaran dengan apa itu Ballast Resistor adalah ketika guru saya berkata tentang “Tahanan Ballast”. Apa itu tahanan ballast? apa fungsinya ? dan setelah saya cari secara tidak serius saya belum mendapatkan informasi apa-apa saat itu. hehe.

Apa Itu Tahanan Ballast atau Ballast Resistor ?

Sebelumnya ada dua jenis ignition coil yaitu internal ballast resistor (yang resistornya di dalam) sehingga tampak seperti ignition coil tanpa resistor dan External Ballast Resistor (Yang resistornya diluar) jadi tiap jenis ignition coil memiliki resistor.

Berikut Tampilan Dari Ignition Coil Tipe External Ballast Resistor :

 

Ignition Coil External Ballast Resistor
Ignition Coil Jenis External Ballast Resistor

 

Ignition Coil External Ballast Resistor
Ignition Coil Jenis External Ballast Resistor

Tentu kalian pernah menemui benda kotak yang di baut pada ignition coil ? itu adalah resistor atau ballast resistor. Tampilannya seperti gambar di bawah ini :

Ballast Resistor
Tampilan Ballast Resistor

Apa Fungsi Tahanan Ballast / Ballast Resistor ?

Resistor berfungsi untuk menahan arus listrik yang berlebih agar sesuai dengan yang di butuhkan. Jadi anda dapat melihat gambar bergerak di bawah ini terlebih dahulu.
Rangkaian Pengapian Konvensional
Terlihat Ballast Resistor terletak antara kabel dari terminal positif baterai dan terminal positif ignition coil. Jadi sudah jelas fungsi ballast resistor adalah menahan arus listrik dari baterai agar sesuai dengan yang dibutuhkan ignition coil.

Kenapa Arus Harus Diberi Tahanan Ballast ?

Karena arus dari baterai kira-kira 12V namun ignition coil tegangannya harus lebih rendah dari 12 V maka jalannya adalah diberi tahanan. Namun ada juga referensi yang mengatakan bahwa arus dari baterai harus dihambat oleh ballast resistor dan tidak boleh melebihi 4 ampere agar ignition coil tidak cepat panas, mencegah ignition coil meledak dan agar platina tidak cepat aus.

Baca Juga:  7 Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Apa Itu Ampere ?

Ampere adalah satuan untuk banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu.

Apakah Ballast Digunakan Terus Menerus ?
Ballast resistor tidak digunakan pada saat mesin start/starter. Maksudnya karena motor starter membutuhkan arus listrik yang banyak. Jika arus yang sudah berkurang masih dihambat lagi oleh ballast resistor sebelum ke ignition coil maka kuat arus untuk pengapian/memercikan bunga api akan semakin kecil.

Maka dari itu saat starter (kontak posisi ST) maka arus listrik akan mengalir ke terminal positif koil tanpa melalui ballast resistor terlebih dahulu. dan saat mesin sudah hidup dan kunci kontak kembali ke IG maka arus akan melalui ballast resistor terlebih dahulu. Kurang lebih rangkaiannya seperti berikut :

Apa Itu Tahanan Ballast dan Apa Fungsi Ballast Resistor
Sumber gambar : kitapunya.net

Sekian artikel saya kali ini mengenai apa itu tahanan ballast. Semoga bermanfaat.

Tags:
Apa Itu Tahanan Ballast dan Apa Fungsi Ballast Resistor | admin | 4.5