Sedang memuat....Sejarah Mesin Diesel....

Sejarah Mesin Diesel

Sejarah Mesin Diesel – Bicara soal perkembangan teknologi otomotif yang semakin maju hari demi hari, maka tak lepas dari para penemu-penemu mesin yang sangat berjasa dalam mengembangkan teknologi yang diciptakan untuk kepentingan manusia. Sekarang banyak sepeda motor yang sudah fuel injection yang artinya bahan bakar tidak disedot namun disemprotkan ketika langkah kompresi. Teknologi sepeda motor bensin fuel injection ini mengambil dari prinsip kerja mesin diesel yang diciptakan oleh Rudofl Diesel karena ia mengetahui bahwa banyak mesin yang tidak efisien sehingga ia menciptakan mesin yang menyemprotkan bahan bakar agar lebih efisien yaitu mesin diesel.

Mesin Diesel Pertama Di Dunia

Siapa Pencipta Mesin Diesel ?
Penemu mesin diesel bernama Rudolf Christian Karl Diesel. Diesel lahir di kota Paris, negara Perancis pada 18 Maret 1858. Ia adalah seorang penemu asal Jerman, ia terkenal karena penemuannya yaitu mesin diesel yang masih kita gunakan hingga abad 21 ini. Mesin diesel adalah nama yang digunakan untuk menghormati jasanya, sebenarnya mesin diesel bernama “mesin minyak”.

Rudolf adalah sarjana mesin dari jerman, sebagian masa kecil Diesel dihabiskan di Perancis sampai terjadi perang Franco-Prussian pada tahun 1870. Keluarganya terpaksa mengungsi ke London, Ingris. Saat perang akan usai, ibunya mengirim Diesel yang saat itu masih berusia 12 tahun untuk tinggal bersama paman dan bibinya di Augsburg bersama paman dan bibinya agar dapat berbicara bahasa Jerman dan dapat sekolah di Royal Country Trade School dan paman Diesel mengajar matematika disana

Di usia 14 tahun, Diesel mengirim surat kepada orang tuanya yang isinya adalah cita-cita diesel yang ingin menjadi insinyur, dan saat tamat dan menjadi murid terbaik di kelas saat menempuh pendidikan dasar kemudian Diesel meneruskan pendidikan ke School Of Augsburg. Diesel kemudian menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich dan Diesel menentang orang tuanya yang kesulitan ekonomi dan mengharapkan agar Diesel bekerja untuk mencari penghasilan.

Baca Juga:  Fungsi dan Ciri Kerusakan Pada Ball Joint

Saat kuliah, Diesel juga bekerja di pabrik dan mendapatkan banyak pengalaman dari pabrik. Saat ia lulus pada tahun 1880 dia dinobatkan sebagai murid dengan nilai akademik terbaik. Diesel mengadakan penelitian yaitu bagaimana agar supaya penggunaan bahan bakar mesin dapat lebih efisien. Pada saat itu mesin tingkat efisiennya hanya 10%-15%. Ia merancang mesin yang prinsip kerjanya adalah dengan menyemprotkan bahan bakar ke ruang kompresi dan bahan bakar tersebut akan terbakar akibat panas yang terjadi akibat kompresi (kalian baca hukum mengenai tekanan udara, kalau gak salah semakin udara bertekanan tinggi maka suhunya juga semakin tinggi).

Mesin diesel kemudian digunakan sebagai pengganti mesin uap, mesin diesel yang berat digunakan untuk mesin kapal, lokomotif, dan mobil. Begitu bermanfaatnya mesin diesel, apalagi banyak kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar bensin yang mengadopsi prinsip injeksi atau menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.

Sekian artikel saya kali ini mengenai sejarah mesin diesel, semoga saya dapat membahas sejarah mesin lainnya pada posting selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Sejarah Mesin Diesel | admin | 4.5