Sedang memuat....Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Internet....

Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Internet

Internet adalah sesuatu yang tak bisa lepas bagi kita selaku manusia yang haus informasi. Internet bagi saya adalah salah satu temuan yang sangat bermanfaat bagi seluruh kehidupan manusia di muka bumi. Dengan adanya internet kita dapat berkomunikasi murah dengan semua orang diseluruh dunia baik melalui video call ataupun sekedar chat. Internet mengubah cara hidup manusia mulai dari yanng semula mencari ilmu di perpustakaan, maka sekarang cukup membuka laptop atau komputer yang terkoneksi internet maka kita dapat mencari segala informasi yang ada di muka bumi.Saya dan anda mungkin pernah penasaran bagaimana sejarah internet yang super besar ini, siapa penciptanya ? apa alasan internet diciptakan ? dan siapakah yang pertama kali menggunakan internet di muka bumi ini.

Internet adalah suatu jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPA yang berusaha mengembangkan jaringan yang disebut Advanced Research Project Agency Network atau bisa disingkat ARPANET.

Tujuan dari dibuatnya ARPANET adalah untuk dimanfaatkan untuk keperluan militer Amerika Serikat. Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat suatu jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer di daerah vital untuk mencegah dan mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari komputer yang memuat data informasi terpusat yang bila terjadi perang akan mudah dimusnahkan

Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs yaitu diantaranya adalah Stanford Research Institute, University Of California, Santa Barbara, University Of Utah yang membentuk suatu jaringan pada tahun 1969 dan pada bulan Oktober 1972, ARPANET diperkenalkan ke umum.
Dengan sangat cepat ARPANET berkembang dan membuat semua universitas di Amerika ingin bergabung dan membuat ARPANET kewalahan untuk mengatur antusias universitas-universitas tersebut.

Karena masalah tersebut, kemudian ARPANET dipecah menjadi dua yaitu ARPANET itu sendiri dan MILNET. MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET digunakan untuk keperluan non militer seperti gabungan jaringan universitas-universitas yang kemudian dikenal dengan DARPA Internet yang akhirnya dikenal dan disederhanakan menjadi Internet

Dulu sebelum internet diciptakan, sudah ada beberapa sistem komunikasi digital pendahulu internet yaitu telegraf yang muncul di abad ke-19. Telegraf diciptakan dari konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti sinyal radio atau kabel. Kelemahan telegraf adalah hanya mampu menghubungkan dua perangkat saja. Tentu berbeda dengan internet jaman sekarang yang memungkinkan kita terhubung dengan jutaan perangkat diseluruh dunia.

Baca Juga:  Kumpulan Aplikasi DP BBM Kata-Kata Terbaik Android 2017

Itulah sejarah singkat internet di dunia. Banyak manfaat internet yang dapat kita rasakan yaitu seperti pada dibawah ini.
Manfaat Internet :

  1. Kita dapat mencari segala informasi yang kita butuhkan seperti makalah, tugas, pekerjaan rumah dan lain sebagainya
  2. Lebih memudahkan kita dalam mencari uang
    Internet dapat memudahkan kita dalam menjual produk, apalagi produk yang dibutuhkan banyak orang. Anda dapat menjualnya via facebook ataupun BBM
  3. Kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan biaya murah
    Internet semakin lama semakin murah yang membuat kita lebih mudah dalam berkomunikaasi dengan orang lain yang mungkin berjauhan dengan kita
  4. Membuat wawasan kita sangat luas karena informasi dapat kita akses secara bebas di internet
Kekurangan Internet :
  1. Masih ada konten-konten yang tidak bagus untuk anak-anak, sebaiknya kalian menghindari konten atau situs-situs buruk seperti itu karena dapat merusak pikiran kalian. Fokuslah dalam belajar!
  2. Membuat orang menjadi sangat terbuka, kita tidak tahu siapa orang jahat yang mengincar kita diluar sana. Maka dari itu kita harus pandai merahasiakan alamat rumah kita dan jangan dikasihkan alamat kita kepada orang lain yang tidak kita kenal
  3. Banyak terjadi penipuan akibat terlalu percaya terhadap ajakan-ajakan palsu di internet.
Tentunya semua kelemahan dan kelebihan internet dapat kita ambil sisi positifnya saja karena jika kita ambil sisi positifnya maka akan lebih baik untuk kepentingan kita dalam menyelesaikan segala urusan kita.
Sekian artikel saya kali ini mengenai Sejarah Internet, Kelebihan Dan kekurangan internet. Artikel blog ini belum sempurna, maka bantu saya dalam menyempurnakan konten ini. Anda dapat memberikan kritik dan saran melalui kolom komentar agar saya dapat memperbaiki dan menyempurnakan artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat.
Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Internet | admin | 4.5