Sedang memuat....Makalah Lengkap Propeller Shaft....

Makalah Lengkap Propeller Shaft

PendahuluanLatar Belakang

Kendaraan dituntut untuk dapat melaju dengan lancar dan lembut. Propeller shaft berfungsi untuk menghubungkan putaran dari transmisi ke differential sangat penting dalam kendaraan. Propeller Shaft memiliki berbagai bagian yang memiliki banyak fungsi dalam meneruskan tenaga dari transmisi menuju garden atau differential. Karena posisi differential kadang tidak selalu sama karena mengalami perubahan (guncangan akibat medan jalan)

Rumusan Masalah

Mengetahui lebih detail komponen propeller shaft dalam meneruskan tenaga dari transmisi menuju differential

Tujuan

 

Tujuan Penulisan Laporan

Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan,keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan dan tentunya mengetahui lebih detail tentang Propeller Shaft.

Landasan Teori

Propeller shaft berfungsi untuk menghubungkan putaran dari transmisi ke differential.

Transmisi dipasang pada rangka sedang differential dipasang pada axle yang ditunjang oleh pegas

clip_image002

Universal joint, untuk memungkinkan terjadinya perpindahan tenaga dengan lembut tanpa dipengaruhi oleh perubahan sudut. Slip Yoke berfungsi untuk mengimbangi adanya perubahan jarak antara transmisi dan differential

Jenis-Jenis Propeller Shaft

Propeller Shaft ada dua jenis yang mungkin dapat bertambah lagi jenisnya mengikuti perkembangan teknologi otomotif. Berikut dua jenis propeller shaft yang sering di temui :

Tipe 2 Universal Joint

clip_image004

Maksud dari 2 universal joint adalah propeller shaft jenis ini memiliki 2 buah universal joint (warna kuning di atas)

Tipe 3 Universal Joint

clip_image006

Maksud dari 3 universal joint adalah propeller shaft jenis ini memiliki 3 buah universal joint (bagian berwarna kuning di atas)

Jenis-Jenis Universal Joint

Hooke’s joint

Hooke’s Joint sendiri ada dua macam yaitu Solid bearing cup ( dapat dibongkar ) dan Shell bearing cup ( tidak dapat dibongkar. Menurut saya hooke’s joint lebih banyak ditemui pada kendaraan daripada jenis lainnya. Tampilan dari Hooke’s Joint adalah seperti gambar di bawah ini :

Baca Juga:  Game Memancing Terbaik Untuk Android

clip_image008

Flexible joint

Flexible joint terdiri dari karet kopling yang keras yang diletakkan diantara dua yoke berbentuk kaki tiga.

Selama flexible joint tidak menghasilkan gesekan akan berputar dengan lembut tanpa diperlukan pelumasan. Tampilan dari Flexible Joint adalah saperti gambar di bawah ini.

clip_image010

Constant velocity joint

Universal joint jenis constant velocity joint dapat memindahkan putaran dan moment lebih lembut dibanding hooke’s joint. Tampilan dari Constant Velocity Joint adalah seperti gambar dibawah ini.

clip_image012

 

Center Bearing

clip_image016

Rubber bushing berfungsi untuk mencegah getaran sampai ke body kendaraan.

Sehingga bunyi dari propeller shaft pada kecepatan tinggi dapat dikurangi

Sekian artikel saya kali ini mengenai Makalah Lengkap Propeller Shaft, jika makalah ini belum sempurna, anda dapat ikut menyempurnakannya dengan menambahkan saran melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

 

 

Tags:
Makalah Lengkap Propeller Shaft | admin | 4.5