Sedang memuat....Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 TAK dan 2 TAK....

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 TAK dan 2 TAK

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 TAK dan 2 TAK – Berawal dari saya melihat banyak motor trail yang sekarang sudah tidak 2 tak lagi dan sudah diganti dengan trail 4 tak maka saya menjadi penasaran apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan mesin 2 tak dan 4 tak. Karena sebenarnya kedua mesin ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Gambaran Tentang Mesin 2 Tak

Mesin 2 TAK

Mesin 2 tak adalah mesin yang hanya melakukan dua langkah kerja. Saat piston berada di TMB (titik mati bawah) maka akan menyedot campuran bensin dan udara yang telah diproses karburator. Sambil menyedot udara dan bahan bakar tadi maka gas sisa pembakaran juga akan dibuang BERSAMAAN saat proses penyedotan bahan bakar dan udara tadi. Kemudian saat piston berada di TMA (titik mati atas) maka akan terjadi percikan api yang akan membakar bahan bakar dan udara yang kemudian akan mendorong piston ke bawah dan membuang gas sisa pembakaran SAMBIL menyedot campuran bahan bakar dan udara baru dari intake manifold.

Bahan bakar mesin 2 tak tidak murni, maksud dari tidak murni adalah karena mesin 2 tak membutuhkan bahan bakar bensin dan oli samping yang dibakar bersama-sama di dalam ruang bakar. Fungsinya adalah agar mesin 2 tak lebih dingin karena bahan bakar terdapat oli yang akan mendinginkan mesin.

Untuk oli mesin motor 2 tak akan lebih awet, saya pernah membuka oli mesin motor Bapak saya yang ternyata masih bening seperti baru. Bahkan oli mesin ini berbulan-bulan tak diganti, dan saya mengambil kesimpulan bahwa oli mesin 2 tak akan lebih awet.

Gambaran Tentang Mesin 4 Tak

Mesin 4 TAK
Mesin 4 TAK

Mesin 4 tak dalam satu kali siklus pembakaran maka piston akan bergerak 4 langkah kerja yaitu mengambil campuran bahan bakar dan udara dari intake manifold -> melakukan kompresi -> busi memercikan api yang kemudian membakar bahan bakar dan udara tadi, akibatnya piston terdorong ke titik mati bawah yang akan menghasilkan tenaga -> gas sisa pembakaran akan dibuang lewat exhaust manifold

Baca Juga:  Cara Menggunakan Timing Light dan Menyetel Waktu Pengapian Pada Mobil

Mesin 4 tak lebih irit dan polusi yang ditimbulkan tidak seperti mesin 2 tak yang tidak mungkin dapat membakar sempurna oli samping. Banyak kendaraan trail yang tidak lagi menggunakan mesin 2 tak namun sudah diganti menggunakan mesin 2 tak.

Mesin 2 tak dan 4 tak memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya masing masing. tentu tiap kelebihan dari dua jenis mesin ini digunakan untuk kepentingan manusia dalam mempermudah pekerjaan.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 TAK :

Kelebihan Mesin 4 TAK :

Irit bahan bakar karena menggunakan 4 langkah kerja
Tenaga yang dihasilkan besar karena minim kebocoran tenaga
Tidak memerlukan oli samping

Kekurangan Mesin 4 TAK :

Oli mesin lebih mudah kotor karena digunakan untuk melumasi seluruh bagian mesin
Konstruksi mesin 4 TAK lebih rumit dibandngkan mesin 2 TAK
Knalpot mesin 4 tak lebih mudah keropos karena tidak ada oli yang melumasinya.

Kelebihan Mesin 2 TAK :

Konstruksi sederhana, sehingga perawatan lebih mudah
Akselarasi yang responsif
Knalpot yang tidak mudah keropos karena dilumasi oleh sisa oli hasil pembakaran
Oli mesin akan sangat awet karena hanya digunakan untuk melumasi mesin bagian bawah

Kekurangan Mesin 4 TAK :

Lebih boros dari mesin 4 tak karena hanya menggunakan 2 langkah kerja
Menggunakan oli samping yang berfungsi untuk dicampur bahan bakar dan akan dibakar sekaligus melumasi mesin bagian atas.
Oli samping yang dibakar tidak akan terbakar sempurna dan akan mencemari udara disekitarnya

Sekian artikel saya kali ini mengenai mesin 4 tak dan mesin 2 tak. Mesin-mesin yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing ini patut diapresiasi karena telah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Saya juga berharap kalian sebagai pengguna mesin minyak agar dapat memanfaatkan kendaraan kalian agar lebih efisien agar bumi kita dapat dinikmati anak cucu kelak. Semoga bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 TAK dan 2 TAK | admin | 4.5