Sedang memuat....Tips dan Cara Menghemat BBM Motor dan Mobil....

Tips dan Cara Menghemat BBM Motor dan Mobil

Tips dan Cara Menghemat BBM Motor dan Mobil – Saya sebagai pelajar yang suka berhemat saya pernah memikirkan bagaimana cara menghemat bahan bakar kendaraan yang saya miliki (motor) hehe. Saya biasa menggunakan motor saya untuk berangkat dan pulang bersekolah, jarak sekolah dari rumah saya adalah 4,5 Km yang saya ukur di Google Maps. Saya pernah mengisi bensin 1 liter di eceran dan saya mampu pulang pergi sekolah hingga 6 hari, pulang dan pergi tentunya. Kurang hemat ? hehe menurut saya itu adalah hemat sekali.

Hemat Bahan Bakar Mobil dan Motor

Saya pernah memikirkan bagaimana cara menghemat bahan bakar motor saya, dan alhamdulilah berkat saya belajar di bengkel (bengkel mobil) saya semakin mengetahui seluk beluk bahan bakar, terutama motor yang masih menggunakan sistem karburator. Saya menemukan bahwa ketika gas mobil di injak dalam secara tiba-tiba maka akan tersemprot bahan bakar dengan jumlah banyak seketika (nyemprot banyak seketika) dan saya beranggapan bahwa jika kita menginjak gas dengan sewajarnya dan tidak mendadak menginjak pedal gas secara tiba-tiba kita akan dapat menghemat bahan bakar karena di karburasi bahan bakar akan disemprotkan secara bertahap dan tidak seketika tersemprot semua, hehe.

Berikut Tips dan Cara Menghemat BBM Motor dan Mobil :

 

Berkendaralah Dengan Kecepatan Yang Stabil

Berkendara dengan kecepatan stabil maka bahan bakar yang disalurkan ke karburator akan stabil juga, sedikit demi sedikit disalurkan. Berbeda ceritanya jika digas secara tiba-tiba maka bahan bakar akan disemprotan dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat, tentunya hal ini dapat membuat bahan bakar terbakar sia-sia tanpa menghasilkan kecepatan yang berarti.

Tambah Kecepatan Secara Perlahan / Bertahap

Anda dapat menambah kecepatan secara perlahan (bertahap) dari pedal gas di injak biasa menjadi semakin dalam dan semakin dalam hingga mencapai kecepatan yang anda inginkan (untuk mobil) pedal gas jangan injak secara tiba-tiba nanti karburasi banjir bensin, hehe.

Jangan Memainkan Gas

Kebiasaan anak muda adalah suka memainkan gas, suka menggeber-geberkan motornya. Sebenarnya hal tersebut akan membuang bahan bakar dan tidak ada tenaganya untuk motornya. Gunakanlah motor secara sewajarnya.

Baca Juga:  Pengertian Android Nougat Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Gunakan Suku Cadang Asli Sesuai Merek Motor Anda

Jika anda menggunakan suku cadang asli maka kualitas akan lebih terjamin dan tentunya akan sesuai dengan motor anda. Kita ambil contoh banyak motor yang dimodifikasi contohnya motor Honda tapi karburasinya kawasaki ninja, kan gak cocok. Bila berhasil dipasang maka bahan bakar yang disalurkan karburasi ke ruang bakar akan terbakar tidak sempurna karena melebihi kapasitas ruang bakar.

Matikan Motor Di Traffic Light

Anda dapat memanfaatkan waktu tunggu di traffic light atau orang indonesia biasa menyebutnya lampu merah untuk mematikan mesin motor anda, jika dirasa lampu akan kehijau maka anda dapat menghidupkan motor anda kembali untuk meneruskan perjalanan.

Berkendara Dengan Kecepatan Standar

Berkendaralah dengan kecepatan standar yaitu tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, Jika terlalu cepat anda akan terbiasa mengerem kendaraan anda jika ada gangguan di depan anda, sudah buang bahan bakar untuk ngebut tapi percuma karena harus rem dan mengurangi kecepatan tiba-tiba. Maka berkendaralah dengan kecepatan standar agar selamat dan hemat bahan bakar.

Gunakan Aksesoris Mobil Secukupnya

Buat yang punya mobil bagus biasa nongkrong dengan teman-teman anda dan memutar lagu mobil anda. Jika saat anda menggunakan aksesoris mobil seperti music player sedangkan mobil dalam keadaan mati bisa saja aki mobil anda tekor dan tak mampu start, mau tidak mau anda harus mendorong mobil atau melakukan jumper aki mobil anda dengan mobil teman anda agar mobil anda bisa di start.
Jika anda memainkan aksesoris mobil sedangkan mesin mobil dalam keadaan hidup maka akan membuang bahan bakar lebih banyak dan tidak untuk hal yang bermanfaat, hematlah bahan bakar agar bumi kita tidak semakin panas akibat karbon monoksida yang diproduksi kendaraan bermotor.Sekian artikel saya kali ini mengenai cara menghemat bahan bakar minyak terutama bensin untuk motor dan mobil. Semoga bermanfaat.

Tips dan Cara Menghemat BBM Motor dan Mobil | admin | 4.5