Sedang memuat....Resiko Melepas Filter Karburator atau Open Filter....

Resiko Melepas Filter Karburator atau Open Filter

Resiko Melepas Filter Karburator atau Open Filter – Penulis yang baru saja membeli honda C70 jadul yang kebetulan tidak ada tutup filternya memang sedikit khawatir hal tersebut akan merusak mesin jika terus di biarkan seperti itu. Filter memang sangat penting untuk menyaring udara yang akan digunakan di ruang bakar, bahkan saya juga pernah melihat motor yang karena filternya tidak di tutup malah kemasukan plastik (plastik di ruang bakar kan gak lucu, haha).

Efek Melepas Filter Motor
Salah Satu Akibat Open Filter (http://kenthoetboreup.com/)

Pengaruh atau Efek Open Filter Yang Anda Rasakan :

Konsumsi Bahan Bakar Mesin

Filter udara yang dilepas dapat menyebabkan borosnya konsumsi bahan bakar mesin karena mesin dapat menghirup udara secara bebas yang tentunya bahan bakar yang dikonsumsi juga ikut terpengaruh. Jika suplai udara yang bebas (istilah jawanya los) maka suplai bahan bakar juga membesar. Jadi kelemahan open filter adalah boros bahan bakar.

Performa

Ya karena penghambat udara tidak ada maka konsumsi udara terlalu banyak dan menyyebabkan ruang bakar menjadi kering. Memang jika motor di gas maka akan terdengar suara “ngooooook” bak pakai knalpot racing, namun hal tersebut bisa juga malah menyebabkan motor menjadi lamban. Memang motor terasa akselerasinya lebih mantap dan responsif dan suara yang dihasilkan seperti pakai knalpot racing.

Efek Pemakaian Jangka Panjang

Filter berfungsi untuk menyaring udara luar menjadi bersih untuk disalurkan ke ruang bakar, namun jika filter tidak ada bisa dipastikan benda asing seperti pasir, plastik dan benda lain ikut masuk ke ruang bakar. Kalau pasir mungkin tidak begitu terasa tapi kalau kerikil kecil ? benda asing seperti itu dapat menyebabkan aus pada mesin. Jadi kelemahan open filter adalah membuat ruang bakar menjadi kotor dan tentunya tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang.

Baca Juga:  Aplikasi Speed Booster Untuk Mempercepat Kinerja Android

Throttle Body Mudah Kotor

Udara memang mengandung banyak debu, apalagi di jalan raya yang sangat banyak debu yang berterbangan tertiup angin kendaraan. Throttle body akan kotor jika anda melepas filter, jadi anda harus sering merawat dan membersihkan throtlle body

Saran saya dan hal yang akan saya lakukan adalah mencari filter yang keren dan cocok untuk motor, salah satu filter yang kecil, simpel dan keren adalah seperti gambar di bawah ini :

Filter Motor
Sekian artikel saya kali ini yang membahas resiko dan efek open filter pada motor. Simak terus artikel otomotif lainya hanya di infogadgetku.com. Semoga bermanfaat.

 

Resiko Melepas Filter Karburator atau Open Filter | admin | 4.5