Sedang memuat....Rangkuman Materi Fisika Zat dan Wujud....

Rangkuman Materi Fisika Zat dan Wujud

Rangkuman Fisika Zat dan Wujud – Kali ini saya akan membahas materi yang bisa disebut rangkuman fisika karena materi ini dibuat seringkas mungkin. Ini adalah artikel yang membahas zat wujud dan turunannya yang tentunya harus anda pelajari agar lebih dalam dalam memahami ilmu fisika, hehe.

Rangkuman Materi Fisika Zat dan Wujud

Pengertian Zat

Mungkin bagi kalian sudah biasa mendengar kata “zat” namun kalian tidak bisa menafsirkan apa yang dimaksud dengan zat. Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat memiliki 3 wujud yang berbeda yaitu zat padat, zat cair dan zat gas.
Setiap zat yang memiliki wujud yang berbeda juga memiliki sifat-sifat yang berbeda-beda. Berikut sifat sifat zat berdasarkan wujudnya.

Zat padat memiliki bentuk yang tetap, volume yang tetap. Sifat partikelya adalah :

  1. Partikelnya saling berdekatan dan dalam susunan yang sangat teratur
  2. Partikel zat padat terus bergetar, namun tidak berpindah dari tempatnya.
  3. Gaya tiap partikelnya kuat, jadi sangat sulit untuk terpecah/lepas dari kawanannya.

Zat cair memiliki bentuk yang berubah, memiliki volume yang tetap. Sifat partikel zat cair adalah :

  1. Partikelnya agak renggang dan susunan partikelnya tidak tersusun secara teratur.
  2. Partikel zat cair mudah bergerak atau berpindah dari tempatnya namun tidak dapat lepas dari kawanan/kelompoknya.
  3. Gaya partikelnya lemah.

Zat gas memiliki bentuk dan volume yang berubah-ubah. Sifat partikel zat cair adalah :

  1. Jarak partikel zat gas saling berjauhan dan tersusun secara tidak teratur
  2. Gaya partikelnya sangat lemah sehingga sangat mudah terlepas dari kelompoknya. (Partikelnya bergerak bebas dan dapat menghantam dinding wadahnya atau bisa disebut tekanan)

 

Massa jenis zat

Nassa jenis zat adalah massa per volume atau massa benda per volume benda. Atau dapat dituliskan dengan rumus :

Keterangan :

ρ : massa jenis zat (kg/m3)
m : massa benda (kg)

 

V : volume benda (m3)

Perubahan wujud

Seperti pada pernyataan sifat partikel di atas, wujud zat dapat berubah menjadi wujud lainnya. Perubahan wujud dapat terjadi karena pengaruh energi yang mempengaruhi suatu zat. Ada dua jenis perubahan zat, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Berikut pengertian perubahan fisika dan kimia :

  1. Perubahan fisika adalah perubahan yang hanya berubah fisiknya saja dan tidak menyebabkan terbentuknya zat jenis lain. Sebagai contohnya adalah : Perubahan es menjadi air, air menjadi uap dan uap kembali lagi menjadi air dan lain sebagainya.
  2. Perubahan kimia
    Perubahan kimia adalah perubahan yang menyebabkan terbentuknya zat lain. Sebagai contohnya adalah : kertas yang dibakar lalu menyebabkan terbentuknya abu dan besi yang berkarat.

Gaya Tarik antar partikel

Ada beberapa jenis gaya tarik antar partikel yaitu adhesi, kohesi, miniskus dan kapilaritas. Beriktu pengertian dari beberapa gaya tarik partikel tersebut.

  1. Kohesi
    Kohesi adalah gaya tarik antara partikel yang sejenis atau sama
  2. AdhesiAdhesi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang tidak sejenis atau berlainan
  3. Miniskus
    Ada dua jenis miniskus yaitu seperti 2 gambar di bawah ini :
Adhesi kohesi
Kohesi lebih besar dari pada adhesi
Kohesi Adhesi
Adhesi lebih besar daripada kohesi

 

Kapilaritas

Kapilaritas adalah naik turunnya zait cair dalam pipa kapiler. Pipa kapiler adalah pipa yang mempunyai lubang yang kecil. Tentu kalian pernah mempelajari bejana berhubungan pada artikel yang pernah saya bahas sebelumnya. Namun hukum bejana berhubungan tidak berlaku pada bejana yang berbentuk kapiler. Ada banyak gejala kapiaritas yaitu :

  1. Kamu tentunya pernah melihat dinding rumahmu yang basah ? hal tersebut adalah contoh dari gejala kapilaritas yaitu merembesnya air dari luar ruangan ke dalam ruangan rumahmu
  2. Kamu tahu kompor minyak ? naiknya minyak tanah ke sumbu kompor adalah salah satu contoh gejala kapilaritas.
Baca Juga:  Tips dan Cara Membangun Blog Sukses

 

Teori atom antar molekul

 

  1. Seluruh zat di dunia ini terdiri dari partikel yang sangat kecil yang disebut dengan atom
  2. John Dalton mengatakan bahwa atom adalah partikel terkecil suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi dengan cara kimia.
  3. Atom yang yang bersatu atau menyatu akan membentuk molekul

 

Klasifikasi Zat

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai klasifikasi zat, kalian dapat melihat dan memahami gambar dibawah ini.

Klasifikasi Zat

 

Unsur

Kalian tau gak sih apa itu unsur ? tentu kalian pernah mendengar kata “unsur”. Pengertian unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi dengan cara kimia biasa. Unsur merupakan zat tunggal dari satu jenis atom. Sebagai contohnya adalah atom Oksigen (O) atom Hidrogen (H)

Senyawa

Udah tau unsur kan ? sekarang saya mau Tanya apa itu senyawa ? hehe kalau belum tahu berikut pengertian senyawa. Senyawa adalah zat tunggal yang tersusun dari unsur unsur melalui reaksi kimia. Sifat senyawa sangat berbeda dengan unsur penyusunnya. Salah satu yang dapat kita ambil contoh adalah senyawa air, Air terdiri dari dua unsur yaitu hydrogen dan oksigen. Hidrogen adalah mudah terbakar dan oksigen adalah gas yang mendukung proses pembakaran. Namun air tidak akan pernah bisa terbakar, air malah menjadi alat pemadam kebakaran. Itulah yang salah satu contoh sifat senyawa sangat berbeda dengan unsur penyusunnya.

Campuran

Apa itu campuran ? ada yang tahu apa itu campuran ? campuran adalah beberapa zat berbeda jenis yang bergabung menjadi satu yang hanya melalui reaksi fisika dan tidak melalui reaksi kimia. Ada dua jenis campuran yaitu campuran homogeny dan campuran heterogen, berikut pengertiannya :

  1. Campuran homogen adalah campuran yang tidak ada batas antar penyusun campuran. Salah satu yang dapat kita ambil sebagai contoh dari campuran homogen adalah larutan garam dan air. Kita tidak bisa membedakan yang mana garam dan yang mana air kalau sudah bercampur bukan ?
  2. Campuran Heterogen
    Campuran heterogen adalah campuran yang ada batas antar penyusun campuran. Salah satu yang dapat kita ambil sebagai contoh adalah campuran bensin dengan air didalam gelas. Kita dapat dengan mudah melihat batas antara bensin dengan air bukan ?
Sekian artikel saya kali ini yang membahas mengenai materi fisika zat dan wujud. Agar anda lebih memahami soal ilmu fisika zat dan wujud, anda harus memperbanyak membaca referensi lain agar anda semakin matang dalam mendalami ilmu fisika. Semoga bermanfaat.

 

Rangkuman Materi Fisika Zat dan Wujud | admin | 4.5