Sedang memuat....Materi Besaran dan Satuan....

Materi Besaran dan Satuan

Besaran dan Satuan

  1. Besaran adalah suatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka
  2. Satuan adalah ukuran dari besaran tadi

Pengukuran adalah pembandingan suatu besaran dengan besaran sejenis yang di tetapkan sebagai satuan. Besaran digolongkan menjadi dua jenis yaitu :

Besaran pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu sebelum besaran turunan ditetapkan, didalam fisika terdapat 7 besaran pokok yaitu sebagai berikut
No
Besaran Pokok
Satuan
Singkatan
1
Panjang
Meter
m
2
Massa
Kilogram
kg
3
Waktu
Sekon
s
4
Kuat Arus
Ampere
A
5
Suhu
Kelvin
K
6
Intensitas
Candela
Cd
7
Jumlah Zat
Mol
mol

Besaran Turunan

Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan berdasarkan besaran pokok. Ada 6 besaran turunan dalam fisika yaitu sebagai berikut.
No
Besaran Turunan
Satuan
MKS
CGS
1
Luas
m2
cm2
2
Volume
m3
cm3
3
Kecepatan
m/s
cm/s
4
Percepatan
m/s2
cm/s2
5
Gaya
Newton (N)
dyne
6
Energi
Joule (J)
erg

Besaran berdasarkan nilai dan arahnya ada dua jenis, yaitu besaran skalar dan besaran vektor, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai besaran scalar dan besaran vektor adalah sebagai berikut.

Besaran vektor yaitu besaran yang memiliki nilai dan arah. Contoh besaran yang mempunyai nilai dan arah adalah gaya, kecepatan dan percepatan.
Besaran skalar yaitu besaran yang hanya mempunyai nilai dan tidak memiliki arah. Salah satu contoh untuk besaran yang hanya memiliki nilai dan tidak memiliki arah adalah panjang, waktu, massa dan energi.

Sistem satuan

Satuan Internasional (SI) adalah sistem satuan yang berlaku secara internasional yang berfungsi sebagai satuan standar di seluruh dunia atau bersifat internasional. Karena bersifat global, maka satuan internasional harus sama diseluruh dunia dan tidak mengalami perubahan-perubahan diseluruh dunia. Maka ada syarat satuan internasional. Berikut syarat satuan internasional (SI) :
  1. Tetap, jadi satuan tidak akan mengalami perubahan apapun dalam keadaan apapun.
  2.  Mudah ditiru setiap orang yang menggunakan satuan, satuan internasional haruslah mudah ditiru karena untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan satuan
  3.  Bersifat internasional. Selain tetap dan mudah ditiru, satuan internasional juga harus bersifat internasional yang artinya dapat digunakan di belahan bumi manapun.
Terdapat dua jenis satuan yang dipakai di dunia yaitu MKS dan CGS, untuk lebih lanjut anda dapat melihat perbedaan satuan MKS dan CGS dibawah ini :

Satuan MKS (Meter-Kilogram-Sekon)

  1.  Panjang (m)
  2.  Massa (kg)
  3.  Waktu (s)
Baca Juga:  Aplikasi Selfie Terbaik Android 2017

Satuan CGS(Centimeter-Gram-Sekon

  1. Panjang (cm)
  2. Massa (g)
  3. Waktu (s)

Satuan Baku dan Tidak Baku

Satuan Baku

Satuan Baku adalah satuan yang diakui secara internasional dan dapat digunakan diseluruh dunia. Contoh dari satuan baku adalah meter, kilogram, liter dan lain sebagainya

Satuan Tidak Baku

Satuan tidak baku adalah satuan yang tidak diakui secara internasional dan hanya digunakan pada suatu daerah atau bersifat local. Contoh satuan yang tidak baku adalah jengkal, genggam dan lain sebagainya.

Standar dan Alat Ukur Besaran

Pengukuran Panjang :

Pengukuran panjang dalam satuan SI adalah meter, satu meter adalah jarak 1.650.763,63 kali panjang gelombang cahaya merah jingga yang dihasilkan oleh gas Krypton-86 dalam ruang hampa pada suatu lucutan listrik, hehe rumit ya ? saya sendiri juga agak bingung dengan pernyataan ini.
Alat ukur dalam pengukuran panjang adalah berbagai macam, berikut alat ukur besaran panjang :
1.       Mistar yang memiliki ketelitian 1 mm
2.       Micrometer sekrup yang memiliki ketelitian 0,01 mm
3.       Jangka sorong yang memiliki ketelitian 0,1 mm

Pengukuran Massa

Massa adalah banyaknya zat suatu benda. Massa sendiri dalam satuan internasional adalah kilogram (kg).

Berikut beberapa alat ukur massa atau biasa disebut neraca :

1.       Neraca dua lengan
2.       Neraca tiga lengan
3.       Neraca digital
4.       Neraca kimia
5.       Neraca pasar

Pengukuran Waktu

Dalam satuan internasional, waktu memiliki satuan sekon (s). Satu detik adalah waktu yang diperlukan atom cesium -133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Waduh satu detik kok rumit amat ya ? hehe.

Berikut alat yang digunakan dalam melakukan pengukuran waktu :

  1. Jam arloji, arloji merupakan alat yang digunakan untuk pengukuran waktu yang keren. Banyak merek arloji yang mahal dan dibuat dari bahan emas atau bahan mahal lainnya. Walaupun dibuat dari bahan yang mahal, fungsi arloji sama yaitu untuk melakukan pengukuran waktu
  2. Jam dinding, jam dinding biasa ditemui di dalam rumah
  3. Jam matahari, jam matahari merupakan jam tertua di dunia karena digunakan sejak jaman dahulu ya ? hehe.

 

Tags:
Materi Besaran dan Satuan | admin | 4.5