Sedang memuat....Masalah Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram....

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram – Rem cakram merupakan jenis rem yang sudah banyak digunakan, memang masih banyak motor yang diproduksi masih dengan rem tromol namun kali ini saya ingin membahas masalah apa saja yang sering terjadi pada rem cakram.Saat saya mencoba melakukan praktek sendiri saat liburan untuk mengisi liburan panjang kenaikan kelas saya, saya menemukan banyak masalah yang terjadi pada rem cakram walaupun rem cakram mobil yang biasa saya lihat dan diperbaiki oleh ahli. Rem cakram mobil dan motor tidak jauh berbeda, ada oli rem, ada kampas rem dan lain-lain.

Berikut Masalah Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram

Rem Cakram Yang Berkarat

Karat biasa terjadi pada rem cakram karena terkena air hujan atau saat mobil melewati genangan air banjir. Kinerja cakram dan kampas rem akan terganggu dan bisa saja berkarat atau penyebab lainnya yang dapat menimbulkan karat. Hal ini sangat berpengaruh pada saat anda melakukan pengereman kendaraan, salah satu efeknya adalah pengereman tidak mulus atau tersendat-sendat dan tidak bisa halus seperti biasanya

Untuk mengatasi dan mencegah karat pada cakram, anda dapat menggunakan anti karat atau brake cleaner (Pembersih rem)

Bentuk Cakram Yang Sudah Tidak Sempurna

Cakram terbuat dari baja atau karbon memiliki kemungkinan besar untuk berubah bentuk tidak seperti semula karena berbagai sebab, bisa karena benturan dan hal-hal lainnya.

Penyebab penyoknya cakram :

  1. Cakram yang terbentur benda keras sehingga berubah bentuk atau cakram menjadi cacat
  2. Cakram yang sudah tipis, cakram yang tipis karena sudah lama digunakan akan mudah bengkok
  3. Berubah bentuk karena lupa buka gembok cakram
Hal-hal diatas adalah penyebab cakram yang penyok, jika sudah begitu maka kampas rem akan terkikis secara tidak rata dan pengereman akan terganggu.

Baca Juga:  Laporan Cara Penggantian Oli Sepeda Motor

Minyak Rem Yang Habis

Rem hydraulik memang menggunakan fluida yang biasa disebut oli rem, oli rem jika sudah habis anda harus segera mengisinya agar proses pengereman lancar dan tidak bermasalah. Biasanya dalam wadah minyak rem ada tulisan lower level, jadi jika minyak rem anda sudah ada di bawah garis lower level anda harus segera mengisinya kembali.

Sebenarnya minyak rem akan sulit habis, minyak rem terlihatberkurang karena kampas rem semakin tipis dan cairan fluida minyak rem akan turun ke bawah sehingga dalam wadah minyak rem terlihat sedikit, namun setelah diganti kampas rem minyak akan kembali naik. Cek juga apakah ada kebocoran, rem hydraulic sangat berbahaya jika ada kebocoran, bisa bisa anda tidak bisa mengerem.

Kebocoran Di Selang Rem

Selang rem, bukan selang biasa, karena membawa fluida yang jika pengendara menekan tuas rem maka fluida akan tertekan dan mendorong kampas rem ke cakram. Jika selang sudah bocor bisa saja rem anda sudah tidak berfungsi sama sekali.

Tags:
Masalah Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram | admin | 4.5