Sedang memuat....Cara Mudah Kencangkan Rantai Sepeda Motor....

Cara Mudah Kencangkan Rantai Sepeda Motor

Cara Mudah Kencangkan Rantai Sepeda Motor – Rantai sepeda motor bagian yang penting dalam kendaraan, Fungsi rantai adalah untuk menggerakan ban yang tenaganya berasal dari roda gila dan telah melalui transmisi, ibarat mobil yang bagian gardan menerima tenaga putar dari kopel.

Rantai sepeda motor
Rantai Sepeda Motor

Rantai memang dapat mengembang, ada bagian rantai yang mengembang/melar ada juga yang masih normal sehingga jika rantai bentuknya dirasa sudah tidak standar alangkah baiknya diganti agar aman dan nyaman saat berkendara. Namun untuk anda yang hanya ingin mengencangkan rantai saja anda dapat membaca artikel ini lebih lanjut.

Saya sendiri biasa meminta Bapak saya untuk mengencangkan rantai sepeda motor saya di bengkel dekat rumah, namun sekarang untuk apa saya harus mengeluarkan uang untuk mengencangkan rantai sepeda motor saya bila saya bisa melakukanya sendiri ? hanya berbekal beberapa kunci kita sudah bisa mengencangkan rantai sepeda motor sesuai dengan keinginan kita.

 

Kenapa Rantai Harus Dikencangkan ?

Jika rantai kendur maka dapat dipastikan sepeda motor tidak berkerja dengan performa maksimalnya. Kecepatan kendaraan juga berkurang karena gear harus menunggu rantai agar terpasang tepat pada tempatnya. Apalagi jika rantai kendur maka terdengar suara gemericik atau suara lainya yang mengganggu telinga anda. Rantai juga dapat lepas dari gear jika tidak segera di kencangkan.

Cara Mudah Mengencangkan Rantai Sepeda Motor :

  1. Kendurkan baut as roda menggunakan kunci ring/pas sesuai dengan ukuran baut as roda. Untuk motor honda biasanya anda dapat menggunakan kunci 19 mm dan 14 mm, Motor suzuki menggunakan kunci 17 mm dan 14 mm dan Yamaha yang biasanya menggunakan kunci 17 mm dan 19.mm
    As Roda Belakang
    Kendurkan Baut As Roda Belakang

    Keterangan : penggunaan kunci ring atau pas terserah sesuai keinginan anda.

  2. Kemudian kendurkan mur kuping pada rem tromol. Hal ini bertujuan agar rem tromol tidak mengunci (macet) ketika rantai telah dikencangkan. (jika motor anda menggunakan rem cakram, lewati langkah ini)
    Mur Kuping Rem Tromol
    Kendurkan Mur Kuping
  3. Kencangkan mur di swing arm (lengan ayun) motor anda untuk menyetel kekencangan rantai motor anda. Pastikan mur di kiri dan kanan swing arm sama dan kemudian cek kekencangan rantai anda apakah telah sesuai selera.
    Mur Swing Arm atau Mur Lengan Ayun
    Kencangkan Di Kiri dan Kanan Harus Sama

     

    Cek kekencangan rantai sepeda motor
    Cek Kekencangan Rantai Apakah Telah Sesuai Selera
  4. Setel rem yang dikendurkan pada langkah nomor dua sesuai dengan keinginan. Setel agar rem tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dangkal (sesuai selera).
  5. Kencangkan kembali as roda.
  6. Coba kendarai motor anda secara perlahan apakah berfungsi dengan baik atau tidak
Keterangan : Jangan setel rantai terlalu kencang atau terlalu kendur, setel yang sedang-sedang saja.
Sekian artikel saya kali ini mengenai cara mudah kencangkan rantai sepeda motor. Simak terus artikel otomotif lainya hanya di infogadgetku.com. Semoga bermanfaat.
Tags:
Baca Juga:  Apa Itu Domain dan Pengertianya
Cara Mudah Kencangkan Rantai Sepeda Motor | admin | 4.5