Sedang memuat....Cara Merawat Aki Basah Mobil....

Cara Merawat Aki Basah Mobil

Cara Merawat Aki Basah Mobil – Bagi yang memiliki mobil tentu anda pernah mengalami aki mobil anda yang tekor. Banyak hal yang dapat menyebabkan aki basah mobil anda tekor yang akan di jelaskan dalam artikel ini. Biasanya jika aki mobil anda sudah tekor maka anda mau tidak mau harus melakukan jumper aki anda dengan aki teman anda agar mobil anda mau ditanyakan atau mungkin anda harus meminta bantuan orang lain untuk mendorong mobil anda agar mau hidup atau start.

Aki Basah Dan Aki Kering

Tentu anda ingin agar mobil yang anda miliki tidak mudah tekor agar anda dapat menggunakan aksesoris mobil seperti lampu, musik, GPS dan alat-alat canggih lain yang sudah biasa menghiasi mobil-mobil moderen keluaran baru.

Cara Merawat Aki Basah Mobil :

Cek Ketinggian Air Aki/Cairan Elektrolit

Case atau kotak aki dibuat tembus pandang sehingga anda dapat dengan mudah mengetahui volume air aki di dalam kotak aki, pastikan cairan elektrolit berada antara upper level dan lower level, high atau low dan masih banyak lagi karena tulisan bisa berbeda tiap merek aki. Anda harus mengisi air aki di antara upper level dan lower level, jika anda mengisi di atas garis upper level atau di bawah garis lower level maka dapat merusak aki anda.

Upper Level dan Lower Level Aki
Upper dan Lower Level (Sumber gambar : otomotifnet.com)

Hindarkan Aki Dari Panas Berlebih

Panas dari mesin atau radiator yang mengenai aki dapat mengganggu aki dan dapat mengakibatkan aki tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat menutup aki dengan potongan ban dalam bekas agar panas dari bagian mesin mobil atau kipas radiator tidak terkenal langsung ke aki.
Hindarkan Aki Dari Panas Berlebih
Ilustrasi Mesin Yang Terlalu Panas

Baca Juga:  Cara Memutar Video FLV MP4 Di Android

Cek Arus Yang Masuk Ke Aki Anda

Sebenarnya di sistem pengisian sudah ada alat sendiri yang berfungsi untuk menjaga kestabilan arus yang disimpan dalam aki, namun apa salahnya jika anda cek arus yang masuk ke aki, bisa saja terlalu lemah atau terlalu kuat yang dapat mengakibatkan kerusakan pada aki mobil jika terus di biarkan.
Cek Arus Yang Masuk Ke Aki
Ilustrasi Cek Arus Yang Masuk Ke Aki Mobil

Periksa Kabel-Kabel Yang Terhubung Dengan Aki

Kabel dapat mengalami keropos yang mengakibatkan terbuangnya listrik atau terhambatnya listrik. Contohnya jika kabel pengisian keropos maka otomatis pengisian aki anda akan mengalami hambatan.
Kabel Aki
Kabel Aki

Gunakan Listrik Dengan Bijak

Mungkin anda biasa menyalakan audio, pendingin ruangan dan aksesoris lain secara terus menerus bahkan ketika mesin mobil dalam keadaan mati, hal ini dapat mengakibatkan tekornya aki anda karena tidak terisi, berbeda jika mesin mobil anda terus hidup yang memasok listrik secara terus menerus ke aki. Jadi gunakanlah aksesoris mobil seperti lampu, music player seperlunya.

Gunakan Seperlunya Aksesoris Mobil
Ilustrasi Gunakan Listrik Dengan Bijak

Cara Memperbaiki Aki Basah Baru Yang Sering Tekor

Aki Basah anda yang mengalami gangguan dapat diakibatkan oleh  rusaknya aki atau cairan aki yang kandungan elektrolitnya berkurang atau sudah tawar sehingga aki tidak dapat menyimpan daya listrik dalam waktu lama. Cara memperbaikinya adalah dengan menguras air aki kemudian goyangkan atau kocok aki untuk menghilangkan kotoran di dalamnya kemudian isi aki dengan air aki zuur.

Sekian artikel saya kali ini mengenai cara servis atau merawat aki basah mobil, baca terus artikel selanjutnya mengenai otomotif hanya di infogadgetku.com. Semoga bermanfaat.
Tags:
Cara Merawat Aki Basah Mobil | admin | 4.5