Sedang memuat....Fungsi dan Ciri Kerusakan Pada Ball Joint....

Fungsi dan Ciri Kerusakan Pada Ball Joint

Fungsi, Ciri dan Gejala Kerusakan Ball Joint – Bagi kalian yang mempunyai mobil atau siswa SMK jurusan Otomotif yang belum tau apa itu ball joint maka tidak salah anda berkunjung ke halaman blog saya ini. Mobil menjadi alat transportrasi yang banyak di gunakan dari aktivitas ringan hingga aktivitas berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian mobil. Banyak masalah yang dapat mengganggu pengemudi dalam menyetir mobil, salah satunya adalah kerusakan ball joint.

Fungsi dan Ciri Kerusakan Pada Ball Joint
Ball Joint (Sumber Gambar : Wikipedia)

Saya sendiri mengetahui apa itu ball joint ketika saya mencoba dan memberanikan diri mengisi waktu liburan semester saya untuk pergi ke bengkel, ya saya dan teman saya menjadi anak yang belum saatnya PKL namun sudah merasakan bagaimana rasanya PKL, hehe.

Ball joint adalah alat kecil yang berada dan terpasang di lower arm. Ball joint berfungsi sebagai poros roda atau sebagai tumpuan roda saat berbelok kekanan dan kekiri dan lain lain. Salah satu tanda bahwa ball joint mobil anda telah mengalami kerusakan adalah muncul bunyi saat mobil anda melewati jalan yang terjal atau tidak mulus, jika hal itu terjadi segera cek ball joint anda apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Cara Mudah Mengetahui Rusaknya Ball Joint Hanya Melalui Ban :

 

Fungsi dan Ciri Kerusakan Pada Ball Joint
  1. Dongkrak mobil hingga ban tidak menyentuh tanah, pasang jack stand untuk menyangga mobil
  2. Kemudian goyangkan ban secara menyilang, contohnya posisi nomor 2 dengan nomor 4, nomor 1 dengan nomor tiga dan posisi menyilang lainya. Bila terasa ada yang kocak apalagi kocak parah maka dapat di pastikan ball joint mobil anda telah rusak dan harus segera diganti. Bila saat melalui jalan yang rusak bunyi berasal dari ban sangat keras maka kocak saat ban di goyangkan secara menyilang maka kocak akan semakin terasa.
Baca Juga:  Cara Yang Dapat Anda Coba Untuk Menghasilkan Uang Dengan Ponsel Android

Ciri Ball Joint Yang Rusak :

  1. Karet yang menutup ball joint telah rusak atau sobek sehingga debu dan kotoran lain masuk ke dalam ball joint.
  2. Muncul suara glodak/gedebuk atau suara menderit yang berasal dari suspensi ketika melewati jalan yang rusak.
Jika ball joint anda rusak anda dapat mengganti ball joint-nya saja atau satu set dengan lower arm jika bushing pada arm sudah retak atau mengalami kerusakan lain. Bingung ? silahkan lihat gambar di bawah ini untuk mengetahui apa sih ball joint, dan apa sih lower arm :

 

Fungsi dan Gejala Kerusakan Ball Joint
Lower Arm dan Bagian-Bagian Lainya

Sekian artikel saya kali ini yang membahas apa fungsi dari ball joint, gejala kerusakan pada ball joint dan ciri ball joint yang telah rusak. Dalam artikel ini juga ada lower arm dan bagian bagian lainya seperti gambar di atas. Semoga bermanfaat.

Tags:
Fungsi dan Ciri Kerusakan Pada Ball Joint | admin | 4.5