Sedang memuat....Apa Itu Domain dan Pengertianya....

Apa Itu Domain dan Pengertianya

Apa Itu Domain dan Pengertianya – Kita akan membahas apa itu domain, karena berhubung admin baru membeli domain hehe infogadgetku.com semoga dapat menjadi sumber rejeki dan berkah dalam hidup admin Hanung ya, hehe. Domain merupakan nama unik yang berfingsi untuk mengidentifikasi alamat IP server di internet. Contohnya jika anda membeli hosting di situs tertentu maka domain berfungsi sebagai alamat menuju alamat hosting tersebut.

Apa Itu Domain dan Pengertianya

Domain selain sebagai brand atau identitas kepada masyarakat mengenai situs kita, domain juga mempermudah pengguna internet untuk mengakses situs kita yang disimpan oleh server tanpa harus mengingat alamat IP yang panjang. Bicara soal alamat domain tentu anda pernah menemui situs yang berakhiran com, net, org, edu dan lain sebagainya, kenapa bisa begitu ? semua ada maksudnya termasuk perbedaan domain tersebut.

Daftar Domain Yang Ada Di Internet :

Domain COM

Domain ini dalam bahasa inggris berarti commercial, jadi domain ini dapat digunakan oleh orang biasa/umum baik untuk situs bisnis, situs pribadi dan lain sebagainya.

Domain ORG

ORG memiliki kepanjangan organization, berarti domain ini dapat digunakan oleh situs organisasi atau perkumpulan banyak orang.

Domain NET

NET memiliki kepanjangan network, jadi domain ini dapat digunakan oleh situs yang ada kaitanya dengan jaringan seperti jaringan komputer.

Domain BIZ

Domain .biz memiliki kepanjangan business, tentunya domain ini digunakan situs yang berhubungan dengan bisnis seperti toko online dan lain sebagainya.

Domain INFO

Info atau information adalah domain yang digunakan oleh situs yang menyediakan informasi seperti situs yang membahas ilmu SEO, komputer atau yang lainya.

Domain EDU

Domain ini digunakan oleh situs-situs yang ada kaitanya dengan pendidikan seperti situs belajar fisika, kimia, matematika atau lembaga pendidikan.

Domain GOV

gov ata government adalah domain yang digunakan oleh situs pemerintahan seperti situs kecamatan dan lain sebagainya yang tentunya berhubungan dengan pemerintahan.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan File Dan Folder Di Ponsel Android

Domain MIL

Mil atau military adalah domain yang digunakan untuk situs yang berkaitan dengan militer.

Tentunya masih banyak ekstensi domain lain yang dapat anda gunakan di internet. Saya memilih menggunakan domain com (dotkom) karena mudah di ingat dan bersifat umum. Apalagi domain com lebih fleksibel karena dapat bersaing di google seluruh dunia tanpa perlu melihat negara seperti domain yang bersifat lokal seperti co.id yang berarti situs yang diperuntukan khusus bagi orang yang tinggal di indonesia (di mesin pencari Google)

Macam-Macam Tingkatan Domain

Top Level Domain

Global Top Level Domain

Global TLD adalah domain global yang bersifat global atau internasional seperti domain com, net, edu, gov dan lain sebagainya.

Country Code Top Level Domain

Country Code TLD adalah domain yang digunakan/diperuntukan kepada situs yang khusus dibuat untuk suatu negara, jadi biasanya domain CCTLD hanya tampil sesuai dengan negaranya. Contoh domain CCTLD adalah co.id, .id (untuk di Indonesia), .my (untuk di Malaysia) dan masih banyak domain CCTLD yang lain di seluruh dunia.

Second Level Domain

SLD adalah nama domain yang anda daftarkan. Contoh anda mendaftarkan www.infogadgetku.com jadi second level domainmu adalah infogadgetku.

Third Level Domain

Third Level Domain adalah domain ketiga sebelum second level domain. Contohnya jika domain anda di kategori kesehatan adalah www.kesehatan.infogadgetku.com atau otomotif.infogadgetku.com maka kesehatan dan otomotif adalah third level domain.
Itulah pengertian domain yang ada di internet, mungkin masih ada jenis domain lain yang ada di internet namun yang sering di temukan saja yang saya bahas pada artikel ini. Tunggu artikel saya selanjutnya mengenai domain atau hosting hanya di infogadgetku.com, hehe semoga bermanfaat.
Apa Itu Domain dan Pengertianya | admin | 4.5