Sedang memuat....Apa Itu CDI ? Pengertian dan Kelebihan CDI....

Apa Itu CDI ? Pengertian dan Kelebihan CDI

Apa Itu CDI ? Pengertian dan Kelebihan CDI – Tentu kalian yang mempunyai kendaraan bermotor, atau yang sekolah di jurusan otomotif pernah mendengar kata CDI, atau kalian pernah diberi pertanyaan oleh guru apa itu CDI. Saya sendiri membahas artikel mengenai CDI karena saya baru saja membeli motor antik Honda C70 yang kata penjualnya CDI-nya masih baru, hehe.Apa itu CDI ? Apa Fungsi CDI ? dan lain sebagainya. Pada mesin yang menggunakan karburator CDI (Capacitive Discharge Ignition atau Capasitor Discharge Ignition) berfungsi untuk mengatur waktu percikan api di busi atau sebagai pusat pengapian. CDI juga di dukung oleh pulser sebagai sensor posisi piston dimana sinyal pada pulser akan memberikan arus kepada SCR yang kemudian akan membuka, sehingga arus pada kapasitor CDI di lepaskan dimana ada aki CDI DC dan spul (CDI AC) sebagai sumber tegangan yang diolah oleh CDI. CDI di bantu oleh Koil yang berfungsi untuk memperbesar tegangan.  Cara kerja CDI adalah mengatur percikan api di busi yang akan membakar kabut campuran bahan bakar dan udara yang telah dikompresi oleh piston dalam ruang bakar yang berhubungan dengan putaran mesin atau RPM.

Dulu CDI dinamakan platina, platina di gunakan oleh motor keluaran lama. CDI menggantikan fungsi platina pada kendaraan, CDI dan platina memiliki fungsi yang sama namun CDI berkerja secara elektrik yang di atur oleh komponen elektronik di dalamnya

Sistem pengapian menggunakan CDI lebih baik daripada sistem pengapian yang masih menggunakan platina. Dengan CDI, tegangan yang dihasilkan lebih besar daripada platina yaitu sekitar 40 Kilo Volt dan stabil sehingga pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar dapat dilakukan secara efektif dan sempurna. CDI juga memiliki kelebihan lain dibanding platina yaitu CDI tidak memerlukan penyetelan atau tidak perlu di seting seperti platina.

Baca Juga:  Aplikasi Meme Generator Terbaik Untuk Android

Kelebihan CDI Dibandingkan Platina :

 

  1. Tidak perlu disetel atau di seting terlebih dahulu seperti pada platina karena di CDI sudah di atur secara elektrik.
  2. Stabil, dikarenakan tidak ada loncatan bunga api seperti pada platina
  3. Mesin mudah di starter, tidak seperti di mesin yang masih menggunakan platina yang saat di starter tergantung pada kondisi dari platina itu sendiri.
  4. Mudah dalam perawatan.
  5. CDI tahan guncangan dan juga tahan terhadap air

Sekian artikel saya kali ini yang membahas tentang pengertian dan kelebihan dari CDI. Simak terus artikel menarik tentang otomotif selanjutnya hanya di infogadgetku. Semoga bermanfaat.

Tags:
Apa Itu CDI ? Pengertian dan Kelebihan CDI | admin | 4.5