Sedang memuat....Tips Menghemat Kuota Handphone Android....

Tips Menghemat Kuota Handphone Android

Tips Menghemat Kuota Handphone Android – Internet merupakan hal yang sangat penting untuk android, kita juga selalu membutuhkan internet dalam belajar dan berkerja dan juga untuk berkomunikasi kepada orang lain. Kebutuhan internet menjadi salah satu kebutuhan baru yang sangat dicari. Kalau dulu pulsa digunakan untuk SMS teman atau menelfon orang lain maka sekarang banyak orang yang menggunakan pulsa untuk membeli paket internet. Internet adalah murah, bagaimana tidak ? kita bisa menggunakan kuota yang kita miliki untuk berkomunikasi dengan teman, berbagi informasi, mencari informasi, berkerja, dan masih banyak lagi kelebihan internet daripada yang lain.Ponsel android adalah ponsel buatan Google yang sebenarnya tak bisa lepas dari internet,kecanggihan android adalah karena apliaksi-aplikasi yang bekerja yang memerlukan internet. Setiap program akan terus di update yang membutuhkan koneksi internet. Aplikasi yang di sediakan Play Store juga hanya bisa di unduh jika kita memiliki koneksi internet. Namun tarif untuk akses internet di Indonesia masih mahal dan belum dapat di jangkau oleh masyarakat umum. Apalagi masyarakat yang hidup di daerah terpencil yang sulit sinyal, Untuk berkirim SMS saja sulit bagaimana untuk mengakses internet ?. Namun sebenarnya banyak cara yang dapat kita terapkan dalam menghemat kuota internet yang akan saya bahas di bawah ini. Kalau kita menghemat kuota internet maka kuota internet dapatkita manfaatkan sebaik-baiknya dan bisa di gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Sebenarnya memang banyak aplikasi yang terlalu banyak menyedot kuota yang kita miliki dan maka dari itu simak caranya di bawah ini.

Berikut Tips dan Cara Menghemat Kuota Internet Android :

  1. Akses Facebook dan Twitter Dengan Browser
    Mengakses Facebook kalau di android memang lebih enak dan santai dengan aplikasi Facebook namun banyak foto dan konten yang dimuat sehingga akan menyedot kuota lebih banyak daripada menggunakan browser seperti UC Browser atau Opera Mini. Begitu juga saat mengakses Twitter, jika ingin menghemat kuota lebih baik akses twitter menggunakan browser.
  2. Matikan Koneksi Internet Ketika Sedang Tidak Di Gunakan
    Cara ini memang ampuh, jika kita mematikan internet kita saat sedang tidak kita gunakan maka kita tidak mendapatkan notifikasi. Notifikasi memang sangat penting seperti pemberitahuan Facebook, Game online dan lain sebagainya namun lebih baik kita nonaktifkan koneksi internet kita saat tidak di gunakan untuk menghemat kuota internet yang kita miliki.
  3. Pantau Kuota Internet Yang Telah Kita Gunakan
    Cara ini ampuh, kita bisa secara berkala melihat kuota yang telah kita gunakan melalui fitur “Penggunaan Data” yang ada di pengaturan android. Apalagi banyak juga aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau kuota yang telah kita gunakan.
  4. Jangan Buka Foto atau Video Berlebihan Di Internet
    Memang asik ketika kita mengakses video atau foto yang kita sukai seperti video silat atau foto pemandangan, hehe soalnya admin suka dengan silat. Kembali ke topik bahasan, kita harus bijaksana dalam menggunakan kuota internet yang kita miliki,bisa saja ada hal lain yang lebih penting selain mengakses foto atau video di internet.
  5. Jangan Download Berlebihan
    Kebiasaan kita saat memiliki kuota banyak adalah langsung ingin mengunduh sesuatu baik aplikasi, video, dan masih banyak lagi. Hal itu membuat kuota kita menjadi cepat habis. Lebih baik kita download di wifi area seperti di sekolah, hehe hemat di utamakan. Setelah dirasa kebutuhan penting kita telah kita penuhi semua kita boleh menggunakan kuota yang kita miliki sesuka hati, bisa untuk download lagu, video, game, aplikasi, dan file-file lain yang kita inginkan.
  6. Matikan Auto Update Apps Di Play Store
    Auto Update atau update otomatis dapat menguras kuota yang kita miliki. Seperti yang saya katakan di atas bahwa android akan terasa canggih jika terkoneksi internet. Play Store memiliki fitur yaitu otomatis update aplikasi yang ada di android, memang ini sangat bermanfaat karena kita tidak perlu melakukan update secara manual. Namun di sisi lain kuota kita akan cepat habis karena aplikasi yang memerlukan pembaruan akan segera di perbarui.
  7. Batasi Penggunaan Kuota
    Android memiliki fitur yaitu bisa memberikan batas atau dalam bahasa inggris dapat memberikan limit agar anda tidak menggunakan kuota melebihi batas. Caranya cukup mudah, anda tinggal buka pengaturan, setelah itu pilih data usage atau penggunaan data, kemudian beri tanda centang pada “Set mobile data limit” dan kemudian pilih batas penggunaan kuota yang anda inginkan, kemudian centang data enabled.

    Tips Menghemat Kuota Handphone Android
    Sumber gambar : http://www.xl.co.id/id/rumahnya-android/tips-trik/artikel/tips-mematikan-dan-menghemat-kuota-paket-data-internet-di-android

     

  8. Hilangkan Widget Cuaca
    Widget Cuaca dahulu menurut saya tidak penting, namun saat musim penghujan tiba saya merasa widget cuaca sangatlah penting, saat saya ingin berpergian saya meilihat ada pemberitahuan tentang cuaca secara otomatis dan saya berfikir “canggihnya android” hehe. Namun aplikasi ini memang menggunakan koneksi internet untuk dapat memberitahukan kepada anda tentang pemberitahuan cuaca. Jika anda ingin menghapus widget ini maka anda tinggal menghapus widget cuaca pada home screen ponsel android.
  9. Gunakan Kartu Dengan Paket Internet Paling Murah
    Ya memang dalam perkembangan perangkat dengan teknologi canggih seperti android banyak provider yang memberikan paket internet dengan harga murah. Menurut saya provider dengan paket internet murah dan berkualitas adalah Telkomsel, Three, XL dan masih banyak lagi.
  10. Browsing Dengan Browser Dengan Kompresi Data Yang Bagus
    Banyak browser yang menarawkan kelebihan namun kelebihan yang paling penting bagi orang yang ingin menghemat kuota adalah tingkat kompresi data yang bagus. Salah saty browser yang dapat mengkompresi data adalah Opera Mini, UC Browser, Google Chrome.
Itulah beberapa tips untuk menghemat internet yang saya ketahui, jangan lupa baca terus artikel yang mungkin serupa dengan artikel yang berjudul tips dan cara menghemat kuota android ini. Semoga bermanfaat.
Baca Juga:  Spesifikasi Motor Honda New Revo FI
Tips Menghemat Kuota Handphone Android | admin | 4.5