Sedang memuat....Cara Mudah Mempercepat Handphone Android Yang Lambat....

Cara Mudah Mempercepat Handphone Android Yang Lambat

Cara Mudah Mempercepat Handphone Android Yang Lemot – Ponsel android memang menawarkan banyak dukungan baik spesifikasi, kualitas kamera, layar, prosesor, RAM, ROM dan lainya. Namun sebagus-bagusnya handphone android tetap saja lama kelamaan akan mengalami keadaan yang disebut lag. lag menurut saya adalah keadaan dimana handphone kita menjadi lemot atau lamban dalam melaksanakan perintah kita. Ponsel android bisa seperti itu karena tidak mampu untuk menjalankan program secara bersamaan atau program yang berat karena tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki ponsel tersebut.Namun kita juga tidak bisa menyalahkan sistem operasi android atau spesifikasi handphone yang kita miliki karena dulu kita telah memilih ponsel tersebut hingga pada akhirnya menjadi lamban karena kita gunakan dan kita isi dengan berbagai macam file aplikasi yang bermacam-macam.

Banyak sekali penyebab ponsel kita menjadi lamban, namun banyak orang yang tidak mengetahuinya bahkan terkesan cuek dengan apa yang dialami oleh ponselnya dan memilih untuk mengunduh aplikasi speed booster untuk mempercepat ponselnya dan bahkan ada juga ponsel yang memiliki 2 speed booster karena yang satu adalah bawaan pabrik handphone tersebut dan yang satunya lagi adalah di pasang oleh si pemilik ponsel dan menurut saya hal tersebut bukan mempercepat kinerja handphone android tapi malah memperlamban atau memberatkan kinerja ponsel android.
Saya sebelumnya telah membahas launcher terbaik dan yang paling ringan untuk ponsel android yang mungkin dapat anda coba. Saya juga telah membahas aplikasi task killer terbaik untuk android yang tentunya dapat mematikan aplikasi yang tidak kita inginkan.
Kenapa Handphone Android Menjadi Lamban atau Lemot ?
Banyak kemungkinan yang bisa saja menyebabkan handphone android menjadi lemot. Berikut kemungkinan penyebab ponsel android menjadi lamban :

  • Spesifikasi yang minim, jika ponsel kamu memiliki spesifikasi yang minim seperti RAM kurang dari 300 Mb maka lemot adalah hal wajar.
  • Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan.
  • Menjalankan aplikasi yang berat dan lain-lain.

Berikut Tips Mempercepat Kinerja Ponsel Android :

Segera Hapus Aplikasi Yang Jarang Di Gunakan
Aplikasi yang jarang di gunakan memang bisa saja memperlambat ponsel android. salah satunya adalah jika kita tidak sengaja membuka aplikasi tersebut. Jika telah dibuka maka aplikasi tersebut akan terus berjalan dan memakan ruang di RAM atau istilahnya membuat sisa ruang di RAM menjadi berkurang untuk sementara (sulit untuk menjelaskanya). Memang banyak aplikasi bawaan pabrik yang ada di ponsel dan tidak dapat kita hapus, namun paling tidak kita bisa nonaktifkan aplikasi tersebut sehingga tidak tampil di layar.

Kalau anda tidak percaya silahkan buka salah satu aplikasi sembarang dan buka pengaturan kemudian klik aplikasi/app manager kemudian geser ke tab “Menjalankan” maka akan tampil semua proses yang sedang berjalan pada ponsel android anda.

Matikan Aplikasi Yang Sedang Berjalan
Anda dapat mematikan aplikasi yang sedang berjalan dengan cara buka pengaturan, setelah itu klik aplikasi/app manager kemudian geser ke tab “Menjalankan”, setelah itu anda matikan satu persatu proses yang sedang berjalan. Atau anda dapat menggunakan aplikasi task killer yang akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Restart Ponsel Android Secara Rutin
Restart adalah mematikan semua proses yang berjalan dan juga mematikan ponsel android anda kemudian menghidupkan kembali handphone anda dalam bahasa Indonesia disebut “Memulai Ulang”, jika anda rutin melakukan hal ini maka proses yang sedang berjalan pada ponsel android anda akan dihentikan. Contohnya anda restart ponsel android tiap 3 jam sekali dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Fungsi dan Cara Kerja Breaker Point atau Platina

Rutin Membersihkan Cache atau Riwayat Penelusuran
Membersihkan cache dapat membantu anda dalam memperingan kerja dari handphone android dalam memproses aplikasi yang ingin anda buka. Cache disebabkan oleh aktivitas kita dalam browsing. Browser akan merekam apa saja yang kita telusuri dan memasukanya pada history/riwayat. Namun menurut saya riwayat juga penting karena data-data yang telah kita simpan akan otomatis di masukan pada kolom suatu situs jika kita ingin masuk ke situs salah satu contohnya adalah saat ingin masuk ke facebook maka kita tidak perlu mengetik email dan kata sandi secara manual. Namun jika anda ingin membuat handphone android anda menjadi lebih cepat kamu dapat menghapus cache.

Update Android Anda
Dengan update android anda, maka bug dan kelemahan yang ada di android akan segera di tutup atau istilahnya di tambal hingga menjadi lebih sempurna, saya pernah update handphone saya dengan cara yang mudah yaitu dengan buka pengaturan kemudian klik “Tentang Ponsel” setelah itu klik “Pembaruan” maka akan ada perintah untuk update versi android di ponsel anda dan ponsel anda akan mengunduh sebuah file lalu akan di install secara otomatis.

Gunakan Task Killer
Task killer akan sangat berguna karena banyak aplikasi task killer yang ringan namun membantu membuat ponsel android anda menjadi lebih cepat dan untuk daftar aplikasi task killer tersebut akan saya bahas di artikel selanjutnya. Anda dapat membaca artikel saya yang berjudul Task Killer Terbaik Untuk Mempercepat Kinerja Android untuk info lebih lanjut.

Hapus Aplikasi Hiasan Yang Kurang Perli
Kata “Aplikasi Hiasan” menurut saya kurang tepat namun saya juga bingung mau menggunakan kata yang seperti apa lagi. Salah satu contoh aplikasi hiasan adalah menggunakan aplikasi untuk menghias keyboard dengan foto, gambar atau yang lainya. Launcher yang terlalu berat juga dapat memperlamban ponsel android anda. Mengenai launcher akan saya bahas di bawah ini.

Gunakan Launcher Yang Ringan
Launcher menurut saya adalah tema untuk ponsel android, kenapa saya menyarankan anda untuk menggunakan launcher yang ringan ? karena bisa saja launcher bawaan ponsel android terlalu berat dan menyebabkan ponsel android anda terasa lamban. Saya sendiri menggunakan Smart Launcher yang menurut saya sangat cepat. Di Smart Launcher kita juga bisa mematikan animasi di launcher tersebut sehingga ponsel kita terasa semakin cepat. hehe.

Matikan Widget
Yang di maksud widget di salah satu situs yang saya kunjungi adalah seperti notifikasi otomatis seperti notifikasi pemberitahuan dari sosial media atau aplikasi chat seperti facebook atau bbm. anda dapat mematikan widget-widget pada ponsel anda agar ponsel anda menjadi lebih cepat.

Matikan Auto Rotate
Ya memang auto rotate sangat berguna karena kita dapat menikmati layar yang berbeda-beda seperti terbalik dan lain-lain. Namun di salah satu sumber yang saya baca di internet katanya auto rotate memberatkan ponsel dan membuat batrai cepat boros karena ponsel akan mendeteksi apakah ponsel di rotasi atau tidak.

Itulah beberapa cara atau bisa juga di bilang tips untuk mempercepat handphone android yang lemot atau lamban. Anda dapat membaca referensi lain agar anda semakin faham mengenai cara mengatasi berbagai masalah tentang android. Semoga bermanfaat.

 

Cara Mudah Mempercepat Handphone Android Yang Lambat | admin | 4.5